SOLOPOS.COM - Skenario Grup H lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022

Solopos.com, SOLO—Korea Selatan (Korsel), Ghana dan Uruguay memiliki kans lolos ke babak 16 besar mendampingi Portugal dalam skenario laga pamungkas Grup E Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Di grup ini baru Portugal yang telah memastikan lolos ke fase gugur. Portugal mengemas poin sempurna, 6, berkat kemenangan atas Ghana 3-2 dan mengalahkan Uruguay 2-0. Ghana menempati posisi kedua dengan poin 3 sedangkan Korsel dan Uruguay berada di peringkat tiga dan empat dengan poin 1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Portugal akan meladeni wakil Asia Korsel pada laga pamungkas di Education City Stadium Doha. Korsel pernah mengalahkan Portugal 1-0 dalam pertandingan fase grup Piala Dunia 2002. Korsel yang saat itu dilatih Guus Hiddink mencetak gol tunggal lewat Park Ji-sung.

Baca Juga: Hajar Jerman dan Spanyol, Ini Daftar Pemain Timnas Jepang di Piala Dunia 2022

Laga lainnya mempertemukan Ghana melawan Uruguay di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

Satu-satunya pertemuan mereka sebelum ini terjadi pada perempat final Piala Dunia 2010 ketika bomber Uruguay Luis Suarez diusir keluar lapangan karena sengaja menyentuh bola dengan tangan. Tetapi Ghana tidak memanfaatkan penalti itu dan sebaliknya malah tersingkir karena kalah adu penalti.

Dalam menentukan tim yang lolos jika terjadi poin sama dalam klasemen akhir, akan ditentukan dengan urutan sebagai berikut: selisih gol grup secara keseluruhan, gol yang dicetak, hasil head to head (H2H) dan selisih gol pada semua pertandingan tim yang poinnya sama.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Penentuan Grup G & H, Ada Korsel vs Portugal

Kemudian gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang poinnya masih sama, poin fair play dan terakhir adalah melalui mekanisme undian.

 

Berikut skenario Grup H lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022:

>>Portugal sudah lolos ke babak 16 besar dan menjadi juara grup jika imbang lawan Korea Selatan.

>>Ghana lolos ke babak 16 besar jika menang lawan Uruguay. Jika Ghana imbang lawan Uruguay, mereka tetap lolos 16 besar dengan catatan Korea Selatan gagal menang.

>>Korea Selatan harus menang lawan Portugal untuk membuka peluang lolos ke babak 16 besar, itupun masih bergantung pada hasil laga Ghana vs Uruguay.

>>Uruguay harus menang lawan Ghana untuk lolos babak 16 besar, dengan catatan Korea Selatan imbang atau kalah. Jika Korea Selatan menang, maka poin menjadi sama (4) dan ditentukan berdasar hitungan di atas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya