Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

 Ilustrasi beli mobil (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi beli mobil (Freepik)

Solopos.com, SOLO –  Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bakal menggunakan perhitungan baru mulai 16 Oktober 2021. Pelaku penjualan mobil tengah melakukan kalkulasi untuk menyusun harga setelah aturan tersebut berlaku.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 tahun 2019 dan PP Nomor 74 tahun 2021, PPnBM mobil dihitung dengan skema baru. Yang dulu perhitungan PPnBM dihitung berdasarkan jenis dan kapasitas mesin akan berubah berdasarkan emisi dan konsumsi BBM.

Sebagaimana dilansir Detik.com, Senin (13/9/2021), para agen pemegang merek tengah menghitung dengan rumus baru pada ketentuan tersebut.  “Sedang kami persiapkan dan hitung (harga mobil dengan skema pajak berdasarkan emisi). Ada yang naik, ada yang turun, dan ada yang tetap,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi.

Baca Juga: Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Beberapa mobil bakal mengalami kenaikan harga, termasuk LCGC Toyota Aya dan Toyota Calya. Dua jenis mobil yang sebelumnya tak dikenai PPnBM, diprediksi bakal aik harga karena mulai dikenai PPnBM Oktober nanti.

Namun, mobil Toyota Vios kemungkinan akan turun harga dengan perhitungan pajak berdasarkan emisi. “Tidak bisa dikonfirmasi ya, karena di TAM sendiri masih kita persiapkan/hitung,” terang Anton.

Baca Juga: Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Proses pengujian emisi dan konsumsi BBM juga dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Hal itu akan dijadikan dasar dalam perhitungan pajak. “Meskipun demikian, mesin mobil Honda memang dirancang dengan karakter bertenaga, hemat bahan bakar, sekaligus menghasilkan emisi bersih dengan standar EURO4, sehingga kami optimistis bahwa hasil pengujian tersebut dapat sesuai dengan standar terbaik,” jelas Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy.

Pengujian emisi dan penggunaan BBM, lanjut Billy, masih dilakukan. Untuk itu, dia menyebutkan belum mendapat besaran pajak untuk setiap produk mereka.

PP Nomor 74 tahun 2021 ini dibuat untuk mendukung kebijakan pemerintah mempercepat penurunan emisi gas buang yang bersumber dari kendaraan bermotor dan kebutuhan percepatan pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasik baterai dan ekosistemnya.

Berita Terkait

Espos Premium

Samudra Biru Penjara

Samudra Biru Penjara

Keahlian kunci merehabilitasi narapidana ternyata berada di luar ranah kementerian yang bertanggung jawab atas eksistensi dan pengelolaan penjara.

Berita Terkini

Pikap Legendaris 2 Tak, Suzuki ST20 alias Trungtung Dibanderol Hingga Rp26 Juta

Pikap legendaris keluaran Suzuki jenis ST20 berjuluk Trungtung masih ramai mewarnai pasar mobil bekas online dan ditawarkan hingga harga Rp26 juta.

Bersihkan Jamur Kaca Mobil, Cara Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Pilihan cara membersihkan jamur kaca mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Waduh! Jasa Pembuatan SIM Mejeng di Beberapa Marketplace

Penawaran jasa pembuatan SIM nongol di beberapa marketplace, hal ini menuai kritik dari warganet.

Soal Vlog Bikin SIM di Polsek, Mantan Menteri KKP Susi Unggah Klarifikasi

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, mengunggah video klarifikasi atas video sebelumnya yang viral karena mengurus SIM mati 20 tahun di Polsek Pangandaran.

Kode Keras Layanan Samsat dan SIM Berbau Pungli, Warga Surat Presiden Jokowi

Dengan kalimat sindiran pembalap kelas dunia sulit dapat SIM A dan C di Indonesia, warganet bikin surat terbuka untuk Presiden Jokowi.

Pengumuman! Mobil LCGC akan Kena PPnBM Mulai Bulan Depan

Pemerintah akan mulai mengenakan PPnBM pada mobil mura atau LCGC mulai 16 Oktober 2021.

Belajar dari Kasus Avanza Berpelat Putih Viral, Tidak Semua Lebih Cepat Lebih Baik

Tak semuanya bisa lebih cepat lebih baik, terbukti aksi pengemudi Toyota Avanza di Jakarta mendahului berlakunya aturan pelat nomor justru kena teguran polisi.

Presiden Jokowi: Pabrik Baterai Mobil Listrik di Karawang Satu-satunya di Asia Tenggara

Bermodal memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, mimpi menjadi produsen baterai listrik terbesar diyakini Presiden Jokowi bakal terwujud tiga hingga lima tahun ke depan

Pabrik Mobil Listrik Indonesia Segera Beroperasi, Paling Lambat Mei 2022

Produksi mobil listrik bakal dimulai di Indonesia maksimal Mei tahun depan.

Daftar Harga Yamaha Vega Seperti Koleksi Presiden Jokowi di Kota Solo

Daftar harga lengkap Yamaha Vega 2001 seperti koleksi Presiden Joko Widodo, di Kota Solo.

Skema Hitung PPnBM Berubah, Update Harga Mobil Tunggu Kalkulasi

Ketentuan perhitungan PPnBM berdasarkan emisi dan kebutuhan BBM pada mobil mendorong para pelaku pemasaran mengkalkulasi lagi untuk menyusun harga baru.

Bahaya Tabrakan di Udara? Inilah Sistem Operasi Taksi Terbang yang Diperkenalkan EHang

Konsep pada sistem operasi taksi terbang yang diperkenalkan EHang tetap membutuhkan rute, lokasi lepas landas, pendaratan dan lokasi operator.

Ternyata Presiden Jokowi Masih Koleksi Yamaha Vega

Presiden Jokowi ternyata masih mengoleksi satu motor jenis Yamaha Vega tahun 2001.

Heboh Taksi Terbang, Ini Rekam Jejak EHang dari China

Heboh taksi terbang dari perusahaan teknologi China yang bakal menjalani uji coba terbang di Bali, Oktober mendatang.

Penampilan Ronaldo Menunggang Lamborghini Urus

Pemain yang kembali bergabung di Manchester United (MU), Cristiano Ronaldo membuat cerita dengan tunggangannya Lamborghini Urus