SOLOPOS.COM - John Profumo bersama istrinya, Valerie Hobson. (guardian.co.uk)

Christine Keeler (bbc.co.uk)

Badan intelijen AS, CIA, tengah diguncang skandal perselingkuhan direkturnya, David Petraeus dengan perempuan penulis biografinya, Paula Broadwell. Akibatnya Petraeus yang pernah memimpin pasukan AS dan NATO di Irak dan Afghanistan itu kini terpaksa mundur dari jabatannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mungkin sang jenderal lupa bahwa di masa lalu sudah banyak pejabat tinggi terguling gara-gara perselingkuhan. Salah satunya yang juga sempat bikin geger pada masanya adalah apa yang dialami oleh Menteri Pertahanan Inggris John Profumo di tahun 1963. Profumo juga seorang jenderal, tepatnya brigadir jenderal yang lahir dari kalangan bangsawan dengan reputasi bagus. Dia mengawali karier militernya sebagai letnan dua di kesatuan lapis baja AD Inggris dan kemudian terlibat operasi militer melawan Jerman saat Perang Dunia II di Afrika Utara. Dia kemudian ikut dalam pendaratan pasukan Sekutu di Normandia dan terlibat pertempuran sengit di Prancis.

Selama karier militernya, dia mendapat sejumlah penghargaan bergengsi seperti gelar Officer of the Order of the British Empire (OBE) atas perannya dalam operasi militer melawan Jerman di Italia. Dia juga mendapat penghargaan Bronze Star dari AD AS. Di samping berkarier militer, Profumo juga aktif di politik sebagai anggota parlemen dari Partai Konservatif.

Dengan rekam jejak militernya yang bagus dan reputasi keluarganya, Profumo makin mulus saja melangkah di dunia politik. Sejumlah jabatan penting di parlemen pun diraihnya. Di awal 1960-an, dirinya ditunjuk sebagai Menteri Pertahanan (Secretary of State for War) dalam kabinet Partai Konservatif Perdana Menteri Harold Macmillan. Di tahun 1961, dirinya berkenalan dengan Christine Keeler, seorang perempuan penghibur di sebuah pesta pribadi di Cliveden, kediaman seorang bangsawan tinggi, Lord Astor. Saat pesta itu, Profumo sebenarnya hadir bersama istrinya, seorang aktris, Valerie Hobson.

Sebenarnya tidak lama Profumo berakrab-akrab dengan Christine. Hubungan mereka berakhir beberapa pekan kemudian atas inisiatif Profumo sendiri.

Skandal Profumo baru meledak setahun kemudian, sebenarnya tanpa disengaja. Saat itu Christine terlibat pertikaian dengan mantan pacarnya yang lain, yang akhirnya berujung ke sidang pengadilan. Saat sidang itulah pers yang sebenarnya sudah mendapat gosip soal hubungannya dengan sang menteri mengorek info lebih jauh. Perkara ini jadi ramai karena Christine Keeler diyakini juga berhubungan asmara dengan seorang perwira Uni Soviet yang bertugas di kedutaan Besar Soviet di London, Yevgeny “Eugene” Ivanov.

John Profumo bersama istrinya, Valerie Hobson. (guardian.co.uk)

Jadilah kasus ini meledak karena saat itu Perang Dingin antara Blok Barat pimpinan AS dengan Blok Timur pimpinan Uni Soviet sedang tegang-tegangnya. Hubungan seorang menteri pertahanan Blok Barat dengan perempuan panggilan yang juga jadi pacar seorang perwira Soviet jelas masalah yang supersensitif. Di bulan Maret 1963, dalam sidang pemeriksaan di parlemen Inggris, Profumo menegaskan tak ada hal-hal yang tak wajar dalam hubungannya dengan Christine Keeler. Namun dengan makin memanasnya pemberitaan media, Profumo pada bulan Juni akhirnya mengakui bahwa dia memberikan keterangan yang salah kepada parlemen dan berbohong dalam kesaksiannya. Selanjutnya dia pun mundur dari seluruh jabatan politiknya.

Dampak dari skandal Profumo tak berhenti di sini. Pada bulan November PM Harold Macmillan mundur dari jabatannya, dengan alasan resmi “karena kesehatan.” Namun pengunduran diri itu diyakini lebih karena tekanan politik yang makin memuncak akibat kasus Profumo. Dia digantikan menteri luar negeri Lord Home, namun pemerintahan Partai Konservatif sudah sulit dipertahankan dan setahun kemudian dalam Pemilu partai itu kalah dari Partai Buruh pimpinan Harold Wilson.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya