SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

PERTH – Skandal perselingkuhan Jenderal David Petraeus, mantan Direktur CIA, berbuntut panjang.

Pentagon mengatakan, komandan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan, Jenderal John Allen, sedang diselidiki atas tuduhan “komunikasi yang tidak pantas” dengan Jill Kelley, wanita yang disebut telah menerima email ancaman dari Paula Broadwell, selingkuhan Petraeus.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menteri Pertahanan Leon Panetta dalam sebuah pernyataan tertulis, Selasa (13/11/2012), mengatakan FBI telah menyerahkan penyelidikan kasus tersebut kepada Pentagon pada Minggu (11/11/2012).

Pernyataan Panetta itu disampaikan kepada wartawan yang menyertai kepergiannya dalam pesawat dari Honolulu menuju Perth. Panetta mengatakan dirinya memerintahkan penyelidikan terhadap Allen pada Senin (12/11/2012).

Seorang pejabat senior pertahanan yang menyertai perjalanan dinas Panetta itu mengatakan Panetta yakin langkah penyelidikan Allen oleh Pentagon adalah bijaksana. Namun pejabat yang berbicara dengan syarat anonim ini tidak menjelaskan “sifat komunikasi bermasalah” yang dilakukan Allen.

Namun dikatakannya, sebanyak 20.000-30.000 halaman email dan dokumen lainnya dari komunikasi Allen dengan Kelley antara waktu 2010 dan 2012 sedang diperiksa. Dia tidak mengatakan apakah Allen dan Kelley terlibat hubungan seksual atau apakah mereka dicurigai melakukan pengungkapan tidak sah informasi rahasia negara.

Pejabat tersebut juga mengaku tidak tahu apakah nama Petraeus disebutkan dalam email-email itu. “Masalah Jenderal Allen dalam hal ini adalah dia terlibat dalam tindak pelanggaran,” ujarnya seperti dilansir yahoonews.

Disebutkan pula, saat ini Allen berada di Washington untuk menjalani serangkaian penyelidikan.

Kelley merupakan seorang relawan penghubung sosial di Pangkalan Udara MacDill, Florida, yang merupakan markas Pusat Komando AS. Kelley bukan karyawan pemerintah AS.

Kelley dikatakan telah menerima email ancaman dari Broadwell, penulis biografi sekaligus mempunyai hubungan di luar nikah dengn Petraeus. Hubungan terlarang Petraeus dan Broadwell kabarnya dimulai setelah Petraeus menjabat Direktur CIA pada September 2011.

Petraeus mengundurkan diri dari jabatannya sebagai direktur CIA pada Jumat (9/11/2012).

Allen, seorang jenderal bintang empat mempunyai catatan prestasi mengagumkan dan menjadi penerus Petraeus sebagai komandan AS di Afghanistan sejak Juli 2011.

Menurut Panetta jabatan Allen sebagai Komandan Pasukan Bantuan Keamanan Internasional AS di Afghanistan untuk saat ini masih dipertahankan selama penyelidikan berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya