SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat berencana memanggil Syahril Johan alias SJ, yang disebut-sebut sebagai makelar kasus. Pemanggilan SJ ini agar mendengar keterangan langsung.

“Soal SJ, kami harus memeriksanya dulu,” kata Wakil Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin. “Tunggu dia pulang dulu dari Australia,” katanya di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/11).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagaimanapun, kata Azis, Komisi III harus mendengar langsung keterangan SJ. “Agar tidak sepihak,” ujar politisi Partai Golkar itu. Namun, Azis menambahkan, Komisi III tetap menghargai keterangan dari Susno Duadji.

Syahril Johan alias SJ, pria yang disebut-sebut sebagai makelar khusus atau markus oleh Susno Duadji pernah menjadi staf ahli Jaksa Agung era Marzuki Darusman. SJ adalah mantan pegawai Departemen Luar Negeri.

Syahril Johan pernah diangkat sebagai Staf Khusus Jaksa Agung bidang Intelijen dan Politik Luar Negeri. Menurut Henry, reputasi Syahril Johan janggan dianggap kecil.

“Dalam gambar-gambar yang ditayangkan di televisi, dia duduk bersebelahan dengan Adam Malik. Maka itu, pantas juga bila dia menjadi teman Kapolri, Wakapolri, Kapolda, atau Susno sendiri,” ujarnya.

Seperti diketahui, Susno kembali mengungkap kasus baru dalam pengakuannya di hadapan Komisi III Bidang Hukum DPR. Susno menyebut ada kasus mafia Arwana di Pekanbaru, Riau.

Susno juga menyebut inisial makelar kasus atau markus, SJ, dan mantan petinggi Polri, MP. Pria berinisial SJ ini pernah dipecat dari Departemen Luar Negeri karena menggunakan ijazah palsu.

“Masuknya mungkin sekitar tahun 70-an. Tahun 80-an dia dipecat dari Deplu karena menggunakan ijazah palsu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di Daewoo Hotel Vietnam, Jumat (9/4).

Tidak hanya itu, SJ juga diduga pernah berkecimpung di bisnis senjata. “Pernah bisnis semacam calo senjata,” kata mantan pegawai Deplu yang satu angkatan tahun masuk dengan SJ, di Daewoo Hotel, Vietnam, Jumat.

VIVAnews/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya