SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta [SPFM], Tim katastropik purba dari staf khusus presiden bidang bencana dan bantuan sosial, menemukan banyak situs purbakala, saat memetakan kegempaan di Indonesia. Koordinator tim, Erik Rizki menjelaskan, penemuan-penemuan purbakala itu sifatnya hanya kebetulan saja karena tujuan utama tim bentukan Andi Arief ini adalah untuk melihat berbagai bencana yang terjadi di masa lampau.

Erik, Kamis (28/7) mengatakan, dengan mengetahui karakter bencana masa lalu, maka tim ini bisa memetakan potensi gempa yang akan terjadi pada masa depan. Erik mencontohkan, saat meneliti tsunami di Aceh tim yang dipimpin lulusan Geofisika dan Meteorologi ITB ini tak sengaja menemukan masjid, dibangun di atas candi di kedalaman 10 meter. Dari hasil penelitian paleotsunami, tim ini juga menemukan keramik dan tembok di kedalaman 2 hingga 3 meter di Aceh. Tidak hanya itu, indikasi adanya candi yang tersembunyi di bawah tanah di Karawang juga ditemukan oleh tim. [dtc/dtp]

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya