SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image)

Situs Liyangan Sindoro terus diekskavasi. Tim ekskavasi Liyangan menemukan bangunan berelief

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Tim ekskavasi Situs Liyangan di lereng Gunung Sindoro, Desa Purbosari Kabupaten Temanggung menemukan bangunan berelief di halaman empat situs tersebut.

“Bangunan di teras keempat itu cukup istimewa karena pertama kali ditemukan bangunan dengan relief atau hiasan,” kata Ketua tim ekskavasi Situs Liyangan dari Balai Arkeologi Yogyakarta, Sugeng Riyanto di Temanggung seperti dikutip Antara, Selasa (26/5/2015).

Ia mengatakan dengan ditemukannya bangunan candi atau petirtaan di halaman keempat ini membuktikan adanya bangunan berhias di Liyangan. Sejumlah bangunan yang ditemukan di Situs Liyangan sebelumnya terkesan biasa atau polos.

Ia menuturkan ekskavasi situs zaman Mataram Kuno di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung tahun ini juga menemukan sesuatu yang penting, yakni halaman atau teras keempat berupa candi atau petirtaan itu.

Selama ini, katanya Situs Liyangan dibagi tiga halaman, yakni halaman pertama ditemukan candi, halaman kedua terdapat batur dan 12 lubang tiang, dan halaman ketiga tempat ditemukan data penting berupa artefak.

“Pada ekskavasi kali ini kami buka halaman empat yang tahun lalu ditemukan semacam candi atau peturtaan dan baru ketemu sudut dengan dua jaladwara. Sekarang dibuka lebih luas dan diketahui bangunan itu berukuran 4,5 kali 5,5 meter menghadap ke arah tenggara atau ke arah jalan batu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya