SOLOPOS.COM - Operator IT PN Karanganyar sedang memeriksa laman situs www.pn-karanganyar.go.id yang sebelumnya sempat dibobol hacker, Senin (24/9/2012). (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

Operator IT PN Karanganyar sedang memeriksa laman situs www.pn-karanganyar.go.id yang sebelumnya sempat dibobol hacker, Senin (24/9/2012). (Kurniawan/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Ketua Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar, Winarno SH, merasa geram dengan pembobolan laman situs www.pn-karanganyar.go.id oleh hacker.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebab aksi tidak bertanggungjawab itu membuat masyarakat tidak bisa mengakses laman situs yang memuat cukup lengkap agenda sidang dan informasi penting lain. “Saya tahu peristiwa ini malah dari rekan wartawan. Tapi saya langsung perintahkan petugas untuk cek dan perbaiki supaya hak akses informasi masyarakat tidak terganggu,” ujarnya.

Selain itu Winarno telah memerintahkan petugas TI PN Karanganyar untuk mencegah berulangnya insiden tersebut. Disinggung rencana hukum terhadap pelaku pembobolan laman situs, Winarno menyatakan siap berkoordinasi dengan petugas kepolisian. Polisi dinilai mempunyai kemampuan untuk menyelidiki dan menyidik kasus-kasus berbau TI. Disamping tentunya dengan menggandeng pakar TI.

“Untuk saat ini belum mengambil langkah hukum. Tapi bila sampai berulang, kami tidak akan tinggal diam.”

Secara terpisah, Hari, seorang warga Banjarsari, Solo, pada Minggu bermaksud membuka laman situs PN Karanganyar. Tapi usahanya sia-sia karena laman situs itu tidak bisa diakses gara-gara dibobol hacker. Diberitakan sebelumnya, laman situs Pengadilan Negeri (PN) Karanganyar dengan alamat www.pn-karanganyar.go.id dibobol hacker.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin, pembobolan laman situs tersebut terjadi Sabtu (22/9/2012) dan Minggu (23/9/2012). Saat di-hack, laman situs tidak bisa diakses. Muncul gambar beberapa orang yang diduga sebagai hacker, disertai tulisan “Berantas korupsi” di laman situs PN Karanganyar.

Petugas bagian teknologi informasi PN Karanganyar, Surya Kusuma, baru mengetahui aksi pembobolan laman situs pada Senin pagi. Setelah berusaha keras, yang bersangkutan berhasil menghentikan aksi pembobolan laman situs Senin menjelang siang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya