Situs Dewan Pers Diretas, Hacker Incar 3 Subdomain Sejak Lama

Situs Dewan Pers Diretas, Hacker Incar 3 Subdomain Sejak Lama

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hacking (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Situs Dewan Pers yang diretas diduga sudah lama diincar oleh hacker.

Solopos.com, JAKARTA -- Situs Dewan Pers diretas seorang hacker pada Jumat (9/2/2018) siang. Hingga sore hari, situs dengan domain Dewanpers.or.id itu belum bisa diakses, termasuk beberapa subdomainnya.

Lembaga Riset Keamanan Siber Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) mendesak Dewan Pers untuk segera meningkatkan keamanan sistem pada wesbite resminya. Pasalnya, ada tiga domain yang dibidik sejak lama oleh penjahat siber.

Chairman CISSReC, Pratama Persadha, mengemukakan website Dewan Pers dengan alamat Dewanpers.co.id sampai saat ini masih belum dapat diakses. Menurutnya, ?tidak hanya website Dewanpers.co.id yang telah diretas, tetapi juga subdomain seperti pendataan.dewanpers.or.id dan pengaduan.dewanpers.or.id.

"Jadi untuk mengetahui teknik apa yang dipakai oleh peretas, harus ada forensik digital terlebih dulu. Tapi yang jelas, jika dilihat dari ciri dan sistem yang diretas, kemungkinan besar peretas sudah masuk ke panel utama dari domain dewan pers," tuturnya, Jumat (9/2/2018).

Dia menjelaskan tiga domain yang telah diretas tersebut berada di dalam internet protocol (IP) yang sama, sehingga menurutnya ada kemungkinan peretas berhasil masuk tidak hanya ke server web tetapi juga ke operating system server. Pratama juga memprediksi serangan tersebut sudah sejak lama diincar oleh peretas hingga mendapatkan momentum yang tepat, yaitu pada Hari Pers Nasional (HPN).

"Bila dilihat dari beberapa kali timeline hacking, ini sudah beberapa kali dilakukan peretasan terhadap web dewan pers dan kemungkinan juga peretas meninggalkan backdoor," katanya.

Menurutnya, keberadaan backdoor yang dipasang oleh peretas bertujuan sebagai pintu masuk ke sistem untuk mengambil alih website tersebut di lain waktu. Dia mengatakan Dewan Pers harus segera melakukan forensik digital secara menyeluruh untuk mengetahui di titik mana saja peretas memasang backdoor sebagai pintu masuk untuk mengambil alih sistem web tersebut.

"Koordinasi dengan instansi terkait seperti BSSN ini sangat penting sekali agar tercipta kolaborasi bersama dalam menghadapi serangan siber pola seperti ini. Saat ini teknik serangan semakin kompleks dan canggih, ke depan akan sangat sulit dihadapi secara parsial jika tidak kolaborasi," ujar Pratama.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.