SOLOPOS.COM - Siti Fadilah Supari. (Antara-Puspa Perwitasari)

Solopos.com, JAKARTA — Eks Menteri Kesehatan Siti Fadilah mengapresiasi pilihan sesama Mankes, Terawan Agus Putranto, untuk melanjutkan riset vaksin Covid-19 Nusantara dan memilih mundur dari posisi calon duta besar RI untuk Spanyol.

"Kita hormat pada pilihan dokter Terawan yang lebih mengutamakan kepentingan kemanusiaan, vaksin Nusantara, ketimbang jabatan," ujar Siti dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) di Jakarta, Sabtu (22/5/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Siti, vaksin Nusantara yang digagas Terawan bukan saja ditunggu masyarakat Indonesia namun juga masyarakat dunia. "Di tengah keterbatasan kemampuan vaksin konvensional untuk menghadapi mutasi virus corona, vaksin Nusantara sangat diharapkan menjadi alternatif,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Pendengar Terbaik

Siti, jumat (21/5/2021 ), kembali menjalani pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium sesuai agenda penelitian vaksin Nusantara. "Sampai saat ini tidak ada efek samping pada saya. Malahan saya merasa lebih sehat dari sebelumnya. Sudah bisa turun naik anak tangga di rumah gak capek," jelasnya.

Dia berharap Terawan bisa segera menyelesaikan uji klinis vaksin Nusantara agar segera dapat menjadi jalan keluar  menghadapi pandemi Covid 19.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon membenarkan pengunduran diri Terawan sebagai calon duta besar Spanyol. "Saya dengar sudah lama sebenarnya, sudah sejak dicalonkan," kata Effendi, Jumat (21/5/2021).

Alasan Tak Jelas

Politikus PDIP ini sempat berdiskusi dengan Terawan. Dari diskusi tersebut, Terawan sang penggagas vaksin Nusantara itu sempat bertanya-tanya alasan pengusulannya menjadi calon dubes Spanyol.

"Itu dia sudah bertanya-tanya, wong saya menteri saja dianggap gagal. Orang dia bilang loh 'aku kan dianggap gagal jadi menteri kok bisa-bisanya jadi dubes'," ujar Effendi sembari menirukan pernyataan Terawan.

Effendi menilai ada pihak-pihak tertentu yang tak suka dengan Terawan sehingga berupaya menjauhkan dia dari Indonesia. "Ini misterinya menarik. Pasti ada yang melatarbelakangi yang mau membuang jauh Pak Terawan," tukasnya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya