SOLOPOS.COM - Foto Tersangka Otak Pembunuhan (kiri) JIBI/Harian Jogja/Sunartono

Foto Tersangka Otak Pembunuhan (kiri)
JIBI/Harian Jogja/Sunartono

SLEMAN-Warga Dusun Medelan, Desa Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, meminta polisi untuk menghukum mati tersangka pembunuhan RPR.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mereka tidak terima, RPR yang juga tinggal di wilayah itu diperlakukan keji oleh tersangka. “Intinya kami tidak rela ada warga atau saudara di antara kami yang dibunuh secara keji,” kata Dukuh Medelan Suratman, Kamis (25/4).

Ekspedisi Mudik 2024

Suratman menegaskan tuntutan itu akan disuarakan warga dalam aksi unjuk rasa yang digelar di Mapolres Sleman, Sabtu (27/4) besok. Dalam tuntutannya mereka mendesak kepada aparat untuk memberikan hukuman mati kepada para tersangka, termasuk HRD yang juga anggota Polsek Kalasan.

“Nanti akan ada tanda khusus dari peserta unjuk rasa, agar tidak dimasuki provokator. Aksi kami damai,” jelasnya.

Suratman menegaskan sedikitnya 200 warga dusun akan berpartisipasi. Aksi itu sebagai tindak lanjut dari keterlibatan anggota polisi HRD dalam kasus pembunuhan terhadap RPR.

“Saya memang bertanggung jawab, surat izin sudah saya sampaikan ke Polres. Tetapi saya hanya menjembatani warga, ini yang menginginkan warga,” ujar Suratman saat ditemui di rumahnya.

Ia mengatakan sebenarnya warga tempat tinggal tersangka juga ingin turut serta dalam aksi tersebut. Meski demikian pihaknya tetap berkomitmen warganya saja yang melakukan aksi demi keamanan.

Saat ditemui Harian Jogja di rumahnya, Setyo Hidayat yang juga orangtua korban mengaku unjuk rasa adalah murni keinginan warga. Untuk memberikan semangat kepada warga tentu ia bersama istri akan turut serta dalam aksi tersebut.

Bahkan ia menginginkan agar kepolisian memberikan izin kepada dirinya untuk melihat tersangka. “Aksi kami damai, kami juga ingin melihat para tersangka,” ujar pria yang biasa dipanggil Joko ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya