Siswa Tak Eligible SNMPTN Dilarang Kecil Hati!
Logo SNMPTN. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Siswa SMA/SMK yang eligible atau berhak mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri alias SNMPTN diminta tidak cepat berpuas diri. Sebaliknya, siswa SMA/SMK yang tidak berhak mengikuti seleksi SNMPTN tidak boleh berkecil hati.

Guru Bimbingan dan Konseling (BK) SMAN 3 Solo, Sulastriningsih mengatakan agar mereka tetap memiliki pemikiran bahwa mereka masuk PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

5 Simbol Ini Kata Fengsui Bawa Rezeki Rumah

Eligbile bukan jaminan. Jadi jangan tidak sia-siakan kesempatan ini. Saya juga beritahukan kepada anak-anak kami bahwa SNMPTN adalah bonus. Mindset mereka harus usaha masuk PTN lewat UTBK. Sehingga kalau SNMPTN tidak lolos mereka tetap siap untuk seleksi berikutnya [UTBK],” ujarnya pekan lalu.

Sementara itu, bagi siswa yang tidak berhak ikut seleksi SNMPTN, ia mengharapkan agar mereka tidak nglokro. Masih ada kesempatan untuk bersaing dalam SBMPTN.

Tak Perlu Terpukul

“Yang tidak eligible untuk ikut SNMPTN kami kuatkan mentalnya. Dan mereka kebanyakan bukanlah bodoh, tetapi karena selama ini belum optimal dalam belajar. Sehingga kalau sudah ada pengumuman yang eligible mereka merasa terpukul dan barulah bersemangat belajar lebih keras,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, tahapan kegiatan SNMPTN 2021 dimulai Senin (4/1/2021). Saat ini, kegiatan yang sedang berlangsung, antara lain pemeringkatan siswa di masing-masing sekolah untuk menentukan siswa yang berhak mengikuti seleksi SNMPTN.

Memilih Arah Rumah Sesuai Petunjuk Fengsui

Tahapan SNMPTN dimulai 4 Januari-8 Februari dengan peluncuran sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB). Kegiatan selanjutnya registrasi akun LTMPT yang dimulai 4 Januari hingga 1 Februari. Berikutnya adalah penetapan siswa yang eligible (berhak) oleh sekolah yakni pada 4 Januari-8 Februari.

Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan 11 Januari-8 Februari. Sedangkan pendaftaran SNMPTN akan dimulai 15-24 Februari dan hasilnya akan diumumkan 22 Maret.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom