SOLOPOS.COM - Dua siswa SMPN 9 Solo praktik menjadi pemandu acara dalam workshop MC dan Public Speaker for Student di Ruang Multimedia sekolah setempat, Selasa (29/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, SOLO — Belasan siswa SMPN 9 Solo belajar bagaimana master of ceremony atau MC dan public speaker langsung dari penyiar Solopos FM dalam workshop yang digelar di sekolah tersebut, Selasa (29/3/2022) pagi.

Workshop bertujuan mengoptimalkan radio sekolah dan juga kemampuan siswa dalam dunia penyiaran. Workshop MC dan Public Speaker tersebut sudah memasuki tahap kedua. Tahap pertama sudah dilaksanakan pada Kamis (16/2/2022) di sekolah tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Diampu trainer dari Solopos FM, Noer Atmaja, kegiatan workshop ini diikuti 15 siswa hasil seleksi radio sekolah. Siswa SMPN 9 Solo mengikuti rangkaian acara yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Acara diawali dengan praktik presentasi dalam acara resmi atau tidak resmi.

Baca Juga: Aksi Siswa SMPN 9 Solo Merespons Krisis Iklim Lewat Karya Daur Ulang

“Sebagai pembawa acara harus melantangkan suara dengan tegas dan yakin, jangan ragu-ragu, karena suara yang kurang lantang meninggalkan kesan kurang percaya diri,” jelasnya saat memaparkan materi di ruang multimedia SMP Negeri 9 Solo.

Berdasarkan pengamatan Solopos.com, siswa mengikuti acara tersebut dengan senang dan antusias. Dua pasang siswa maju bergiliran praktik menunjukkan penampilan terbaik mereka.

Kepala Sekolah SMPN 9 Solo, Diah Pitaloka, mengatakan workshop tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan 15 siswa hasil dari seleksi untuk radio sekolah.

Baca Juga: Wow, Dalang Cilik Siswa SMPN 9 Solo Raih Anugerah Kebudayaan Indonesia 2020

Program Podcast

“Sebelumnya ada seleksi dari tim radio sekolah, dan kami batasi hanya dipilih 15 siswa. Kami asah kemampuan mereka melalui workshop ini dengan menggandeng Solopos FM,” ungkapnya kepada Solopos.com Selasa (29/3/2022).

Diah menuturkan, 15 siswa SMP Negeri 9 Solo hasil dari seleksi tim radio sekolah juga melakukan kunjungan ke Solopos FM pekan lalu, Selasa (22/3/2022) untuk memperkenalkan lebih dalam dunia penyiaran.

Baca Juga: PTM 100% untuk UTS, Jam Kepulangan Siswa Sekolah Solo Diatur

Setelah radio sekolah optimal, kata Diah, rencana tahap selanjutnya SMPN 9 Solo akan mengadakan Podcast. “Jadi Podcast ini masih dalam tahap rencana, diperkiran untuk narasumber yang berada di sekitar kami, mulai dari orang tua murid, satpam, guru, jadi bukan hanya narasumber dari luar sekolah,” paparnya.

Diah menambahkan radio sekolah ini sebagai bukti perwujudan Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan visi misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya