SOLOPOS.COM - Pemusnahan miras dan narkoba (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Sejumlah siswa tingkat SMP dan sederajat yang ada di Kota Jogja ikut menyaksikan kegiatan pemusnahan minuman keras dan berbagai macam narkoba di di Halaman Track BMX Gembira Loka Jogja, Rabu (13/11/2013).

Walikota Jogja Haryadi Suyuti menyatakan, upaya pemberantasan penyakit masyarakat akan terus dilakukan.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

“Kami mengajak masyarakat untuk berani melaporkan kepada pihak berwajib seperti Dinas Ketertiban Kota Jogja atau ke kepolisian. Masyarakat tidak perlu merasa takut melapor apabila menengarai ada peredaran minuman keras atau narkoba di lingkungannya,” katanya, di sela-sela kegiatan.

Pada kegiatan itu, Pemerintah Kota Jogja bersama Kepolisian Resor setempat serta Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jogja memusnahkan minuman keras ratusan botol dan sejumlah narkoba yang disita melalui operasi penyakit masyarakat sepanjang 2013.

“Ratusan botol minuman keras dan berbagai jenis narkoba ini adalah hasil operasi masyarakat yang dilakukan sendiri oleh masing-masing instansi atau melalui operasi bersama,” kata Kepala Dinas Ketertiban Kota Jogja, Nurwidihartana.

Jumlah miras yang dimusnahkan dalam kegiatan tersebut tercatat sebanyak 883 botol; minuman keras oplosan 10 jerigen; alat bantu seksual lima dos; ganja 11,094 kilogram; ekstasi 290,5 butir; sabu-sabu 268,6569 gram; putaw 2,608 gram; narkotika 12 item; psikotropika 50 item; dan obat-obatan terlarang 30 item.

Nurwidi mengatakan, pemusnahan tersebut merupakan bentuk komitmen dari pemerintah untuk melakukan pemberantasan minuman keras, narkotika dan psikotropika serta zat additif lainnya.

Setelah dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan, Walikota Jogja Haryadi Suyuti secara simbolis melakukan pemusnahan minuman keras disaksikan oleh Kapolresta Jogja AKPB Slamet Santoso dan sejumlah pejabat dari Kodim 0734, Pengadilan Negeri Kota Jogja dan Kejaksaan Negeri Jogja serta dari BBPOM Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya