SOLOPOS.COM - Siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar mengunjungi RS UNS Solo, Kamis (16/6/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret atau RS UNS menerima kunjungan industri dari SMK Bhakti Karya Karanganyar, di Auditorium Gedung MERC Lantai 2, Kamis (16/6/2022).

Ketua Bidang Pendidikan dr. Norma Mukti Bimacahya menerima langsung rombongan kunjungan yang dipimpin Joko Sundoro, S.Pd.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam acara tersebut, Ketua Bidang Pendidikan dr. Norma Mukti Bimacahya memberikan sambutan dengan menyampaikan tentang manfaat adanya kunjungan industri dari sekolah-sekolah yang sering dilaksanakan di RS UNS.

“Dalam kunjungan industri ini rumah sakit dapat berbagi ilmu dengan siswa, mengajak dan memperlihatkan proses kerja bagi siswa maupun guru, serta memperkenalkan sejarah tentang industri berdiri,” kata Bima.

Kunjungan industri kali ini diikuti oleh 53 siswa dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Keperawatan, dan Bisnis Manajemen, didampingi oleh lima guru pendamping. Dalam sambutannya Joko Sundoro,Sp.Pd. menyampaikan kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjalin kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri sekaligus dapat mengikuti perkembangan teknologi industri sebagai bekal memasuki dunia kerja.

Kunjungan Industri merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan dan pengalaman langsung kepada siswa tentang dunia kerja yang sebenarnya pada lingkungan dunia industri, yang sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Baca Juga: Nyaman dan Tanpa Antre, RS UNS Buka Layanan Poliklinik Eksekutif

Dalam acara tersebut ada tiga materi yang disampaikan oleh tim dari RS UNS. Yaitu materi tentang Profil Pelayanan Rumah Sakit UNS yang disampaikan oleh Penyelenggara Humas Narendra Titis, S.Sos.

Dalam materi ini diceritakan tentang sejarah berdirinya rumah sakit hingga perkembangan rumah sakit hingga saat ini, baik perkembangan dalam bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Materi selanjutnya adalah bahasan seputar Tata Kelola Administrasi yang disampaikan oleh Kepala Seksi Tata Usaha, Muhammad Ikhsan, S.E. Dalam kesempatan tersebut Ikhsan menyampaikan pentingnya tata kelola administrasi persuratan yang baik, di mana di RS UNS sudah dilaksanakan mengikuti amanah UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan sesuai dengan amanah Peraturan Rektor Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pola Klasifikasi Arsip.

RS UNS telah menerapkan standar pengelolaan persuratan secara elektronik (e-office) dengan menerapkan kaidah kearsipan dalam system yang dibangun oleh UNS yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD). Tujuan aplikasi SIKD UNS untuk mempermudah pekerjaan, meningkatkan kualitas pelayanan, menyelamatkan bukti aktivitas organisasi, dan meningkatkan pelayanan administrasi persuratan agar lebih efektif dan efisien.

RS UNS Solo
Siswa SMK Bhakti Karya Karanganyar mengunjungi RS UNS Solo, Kamis (16/6/2022). (Istimewa)

Materi terakhir adalah materi tentang Keperawatan yang disampaikan oleh Kepala Seksi Keperawatan, Ririn Kartika Novitasari, S.Kep.Ners. Dalam materinya Ririn mengawali dengan memberikan gambaran mengenai kasus dan status perawatan pasien di RS UNS. Disamping itu juga disampaikan mengenai Metode Asuhan Keperawatan, konsep Patient Centered Care di mana pelayanan rumah sakit berpusat pada pasien, dan tentunya tentang peran Health Care Assistant (HTA) di sebuah rumah sakit.

Baca Juga: RS UNS Punya Aesthetic Center, Ada Layanan Kecantikan Kulit sampai Kuku

Hal ini penting disampaikan karena para siswa lulusan SMK Keperawatan nantinya akan berperan sebagai HTA Ketika memasuki dunia kerja.

Kunjungan industri kali ini juga disisipi kegiatan hospital tour yang bermanfaat untuk memberikan gambaran secara langsung kegiatan pelayanan yang sehari-hari dilakukan di RS UNS Solo. Acara diakhiri dengan acara foto bersama di depan gedung utama.

Melalui kegiatan ini diharapkan memberi manfaat yang besar baik bagi SMK Bhakti Karya maupun bagi Rumah Sakit UNS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya