SOLOPOS.COM - Suasana kunjungan siswa SMA Kristen 1 Metro Lampung ke Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (31/01/2023). (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA — Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menerima kunjungan dari SMA Kristen 1 Metro Lampung, Selasa (31/01/2023). Kunjungan sekolah yang beralamat di Ganjarsari Kecamatan Metro Barat Kota Metro Provinsi Lampung ke Kampus Indonesia Mini ini merupakan kali kedua.

Sebelumnya, pada 2019, rombongan yang dipimpin oleh Dra. Nugraheni, M.Pd., selaku kepala sekolah telah melaksanakan kunjungan serupa. Ditemui di sela acara, Dra. Nugraheni menyebut kunjungan ini bersifat rutin karena telah menjalin kerja sama dengan UKSW. Pihaknya juga menyampaikan tiap tahun belasan hingga puluhan alumni dari sekolahnya melanjutkan studi ke UKSW.

UKSW dan SMA Kristen 1 Metro Lampung adalah lembaga pendidikan dengan karakter yang sama sehingga kami mengarahkan siswa untuk menjadikan kampus ini sebagai salah satu pilihan melanjutkan jenjang studi. Kesempatan kunjungan seperti ini menjadi ajang bagi para siswa untuk melihat dunia perkuliahan secara lebih dekat. Harapannya dapat membuka wawasan para siswa dan memantapkan tujuan untuk melanjutkan ke jenjang studi yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Kegiatan yang dikemas oleh pihak sekolah dengan tajuk studi wisata ini diapresiasi positif oleh Kepala Divisi Promosi dan Komunikasi Publik (Divprom Komblik) UKSW, Gamaliel Septian Airlanda, S.Pd., M.Pd. Dalam kesempatan kemarin, Gamaliel Septian Airlanda berharap rombongan yang terdiri dari 45 siswa kelas X dan XI serta enam guru pendamping ini dapat lebih mengenal UKSW meskipun dalam waktu yang cukup singkat.

“Tentu ini kesempatan yang sangat baik, UKSW memperoleh kunjungan langsung dari sekolah. Para siswa yang hadir dapat merasakan iklim perkuliahan dan melihat langsung suasana UKSW dan Kota Salatiga. Jika mungkin dilaksanakan, kami juga berharap rekan-rekan yang saat ini masih duduk di bangku SMA sederajat dapat lebih mengenal kampus ini melalui program sit in class,” jelasnya.

Program ini, dijelaskan Gamaliel Septian Airlanda akan diintegrasikan dengan pembelajaran mengenai mata kuliah dasar umum di tingkat universitas. Tujuannya, siswa dapat merasakan pengalaman berkuliah dalam tempo 2-3 pekan.

Tour Singkat

Sementara itu, dalam kunjungan kemarin rombongan siswa SMA Kristen 1 Metro Lampung berkesempatan mendapatkan informasi mengenai sejumlah fakultas yang ada di UKSW seperti Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknologi Informasi (FTI). Rombongan juga berkesempatan mengunjungi langsung Gedung dan Laboratorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK).

Membuka acara, tidak hanya menyampaikan informasi seputar fakultas dan program studi, tim promosi FEB UKSW juga memberikan wawasan seputar pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Sedangkan ketika berkesempatan mengunjungi FTEK, siswa kelas X dan XI jurusan IPA diberikan penjelasan mengenai hasil penelitian dosen Lee Jae Wook, Ph.D., yakni implant telinga yang dikembangkannya di Amerika.

Usai acara, Jane Sarah Uli Simanjuntak, salah satu siswa kelas X SMA Kristen 1 Metro Lampung mengaku antusias bisa mengenal UKSW secara lebih dekat. Menurutnya dunia perkuliahan di luar kota asalnya ternyata tidak semenakutkan apa yang dibayangkannya selama ini.

“Sangat menarik kampusnya, meskipun belum keliling semua tapi dari informasi yang diberikan cukup jelas. Saya dan teman-teman jadi tahu gambaran dunia kuliah. Tadinya gak kebayang rasanya kuliah di luar kota, tapi ternyata banyak kakak tingkat yang berkuliah di sini dan ada perkumpulan mahasiswa etnis Lampung, jadi pasti seru,” ujarnya.

Rekomendasi
Berita Lainnya