SOLOPOS.COM - Para siswa SDN Widoro Jogja berfoto di Toko Buku Gramedia Jogja, Kamis (10/10/2013). (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Harianjogja.com, JOGJA- Terobosan baru dilakukan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Widoro, Tukangan, Danurejan Kota Jogja. Sekolah mengajak siswanya ke toko buku untuk membeli buku sesuai pilihan masing-masing siswa.

Kamis (10/10/2013) pagi, puluhan siswa dari SDN Widoro berjalan kaki menuju Toko Buku Gramedia di jalan Sudirman Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sampai di lokasi, para siswa menyebar ke sejumlah sudut mencari dan membeli buku yang disukai. Tapi, bukan asal buku yang boleh dibeli. Anak-anak hanya boleh membeli buku yang mengandung unsur-unsur pendidikan sesuai usianya.

Bagi yang sudah mendapat buku dan ingin membelinya, anak-anak terlebih dulu melaporkan buku yang diinginkan ke guru kelas. Tujuannya, agar guru bisa menilai layak tidaknya buku tersebut untuk dibaca.

Hal itu dilakukan untuk mencegah anak-anak membeli buku yang judul dan isinya tidak sesuai dengan usia anak-anak. Selain itu, harga satu buku maksimal Rp25.000.

“Untuk anak kelas empat dan lima pembelian bukunya dilakukan secara berkelompok. Buku yang akan dibeli harus dicek dulu ke guru kelas. Ini sebagai cara agar buku-buku yang dibeli tidak ada yang mengandung unsur-unsur pornografi. Kalau kelas enam kami berikan uang untuk membeli sendiri,” ungkap Agung Nugroho pengelola perpustakaan SDN Widoro.

Dia mengatakan, dana pembelian buku tersebut diambil 5% dari alokasi dana biaya operasional sekolah (BOS). Hal itu sesuai dengan Undang Undang (UU) No. 43/2007 tentang Perpustakaan.

“Selain itu, keterlibatan anak-anak untuk membeli sendiri buku-buku yang disukainya adalah untuk menumbuhkan kecintaan kepada buku dan meningkatkan minat mereka untuk membaca,” ucap Agung.

Hampir dua jam berlalu. Hampir 100 eksemplar buku berbagai judul sudah terbeli. Anak-anakpun girang. Apalagi, pihak Gramedia juga memberi kado istimewa berupa satu koli buku berbagai judul.

“Satu koli ya sekitar 200 judul buku. Diberikan kepada SDN Widoro sebagai sumbangsih kami yang ingin berbagi buku dan berbagi ilmu,” ujar Supervisor Toko Buku Gramedia Thomas Sumarwanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya