SOLOPOS.COM - Siswa SDIT Az-Zahra 2 Sragen, Muhammad Raffiandra Alvaro, 10, raih juara I dalam acara Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional 2022. (istimewa/SDIT Az-Zahra 2 Sragen). 

Solopos.com, SRAGEN — Salah satu siswa SDIT Az-Zahra 2 Sragen, Muhammad Raffiandra Alvaro, 10, meraih juara I dalam acara Festival Dalang Anak (FDA) Tingkat Nasional 2022.

Raffi, sapaan akrabnya menjuarai FDA dalam kategori A, yaitu usia 8-11 tahun. Salah satu hadiah yang diterima siswa kelas V ini adalah uang tunai senilai Rp7 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, pada Senin (26/9/2022), FDA tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Dalang Indonesia (PEPADI). Kategori peserta lomba adalah dalang anak dari rentang usia 8-15 tahun yang berasal dari sembilan provinsi. Perlombaan tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai Kamis-Sabtu, (22-24/9/2022) bertempat di Kota Tua, Jakarta.

Ekspedisi Mudik 2024

“Raffi saat masih kecil senang sekali melihat video wayang kulit dalang Ki Purbo Asmoro yang digelar pada pernikahan ayah ibunya. Dia belajar dalang mulai usia tiga tahun dan aktif mengikuti perlombaan dalang cilik dan nembang macapat,” terang ayah Raffi, Sugiyono.

Baca Juga: Pentas Wayang HUT Solopos di ISI Solo, Ki Anom Suroto Obati Kerinduan Penonton

Raffi merupakan putra tunggal dari pasangan Sugiyono dan Itta Setiyaningsih, warga Kelurahan Plumbungan, Karangmalang, Sragen.

Raffi memang aktif dalam dunia kesenian. Tidak hanya mahir dalam seni pedalangan, ia juga pandai memainkan alat musik seperti gendang. Ia juga aktif mengikuti ekstrakurikuler karawitan di sekolah sebagai wujud dalam nguri-nguri budaya Jawi.

“Jangan lupakan budaya Jawa,” pesan Raffi kepada teman-teman di sekolahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya