Siswa MAN 1 Grobogan Maju ke Olimpiade Matematika Internasional
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan, Hanan Naufal Indratama. (Istimewa/MAN 1 Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI – Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Grobogan, Hanan Naufal Indratama maju ke Olimpiade Matematika Internasional.

Prestasi ini diraih siswa kelas XI MIPA 2 MAN 1 tersebut, setelah meraih medali perak pada seleksi Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2020 tingkat nasional.

Seleksi HIKIMO 2020 tingkat nasional dilaksanakan secara daring pada 25 Juli 2020. Pengumuman hasil seleksi HIKIMO 2020 tingkat nasional disampaikan secara daring, Minggu (9/8/2020).

“Dengan meraih medali perak, Hanan berhak melaju ke HIKIMO tingkat internasional pada 29 Agustus mendatang,” jelas Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto, dalam rilis yang diterima Kamis (13/2020).

Ingin Lihat Pengumuman SBMPTN 2020 Jumat 14 Agustus, Ini Panduannya

Selain Hanan, ada tiga siswa MAN 1 Grobogan yang juga mengikuti seleksi HIKIMO 2020 tesebut. Yakni Rizky Hermawan kelas XII MIPA 2, Pusparani Putri Kinasih kela XII MIPA 2, dan Fedhilla Fieldhathama kelas XI MIPA 2. Namun ketiganya hanya meraih penghargaan Merit Senior Secondary.

Menurut Guru Pembimbing Matematika MAN 1 Grobogan Alifah, seleksi HKIMO 2020 tingkat Nasional dilaksanakan secara daring. Kendati secara daring namun pengawasan seleksi sangat ketat.

Kejujuran Diprioritaskan

Peserta seleksi tambah Alifah, harus menggunakan laptop yang berkamera. Kemudian selama mengerjakan soal, kamera harus hidup dan dipantau langsung panitia. Sehingga kejujuran peserta dalam mengerjakan soal sangat diprioritaskan.

7 Kecamatan di Grobogan Berubah dari Zona Merah ke Zona Kuning

Sebelum maju ke seleksi HIKIMO 2020, Hanan meraih Juara 1 KSN Kabupaten 10 Maret 2020. Kemudian meraih medali perak pada ajang International Kangaroo Mathematics Contest (IKMC) 2020.

Hanan siswa MAN 1 Grobogan ini juga meraih medali perunggu lomba Advance Sciense Olympiad (ASO) 2020. Lomba ini selenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Menurut Alifah, HKIMO 2020 diikuti pelajar dari 21 negara. Antara lain, Indonesia, Bulgaria, Malaysia, Myanmar, Taiwan, Hongkong, Pilipina, India, China, Australia, dan Singapura. Ada berbagai tingkatan dalam HKIMO ini, mulai TK, SD, SMP dan SMA.

Keren! 4 Siswa SD Klaten Bikin Robot yang Bisa Ikut Upacara Bendera

Sementara Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto berharap hasil yang dicapai Hanan dan kawan-kawan ini memacu siswa lainya. Sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi pada masa pandemi maupun pada masa normal.

“Alhmadulillah, bangga dan bersyukur, walau pandemi masih tetap berprestasi di HIKIMO 2020,” imbuh Prapto.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom