SOLOPOS.COM - ilustrasi keracunan (Dok/Solopos)

Salah seorang murid bernama Siti Nuraini mengungkapkan dirinya mengalami mual dan muntah berkali-kali pada Jumat (21/10) dinihari

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan murid SMA N 1 Tangerang diduga mengalami keracunan makanan saat melakukan perjalan Study Tour ke Jogja. Puluhan murid mengalami mual dan muntah setelah memakan makanan yang dihidangkan di sebuah rumah makan di daerah Cirebon.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah seorang murid bernama Siti Nuraini mengungkapkan dirinya mengalami mual dan muntah berkali-kali pada Jumat (21/10) dinihari. Sebelum dia mual dan muntah, Siti mengaku baru saja makan makanan yang dihidangkan di sebuah rumah makan di daerah Cirebon. “Kepala saya pusing, mual dan muntah berkali-kali. Awalnya saya makan ayam. Agak bau, tapi saya kira itu memang rasanya seperti itu karena pakai kuah santan,” ujarnya, Jumat (21/10).

Dia mengaku memakan makanan itu Kamis (20/10) sekitar pukul 20.00 WIB, kemudian dia mengalami sakit perut dan pusing dari mulai Jumat pukul 04.00 WIB. Saat itu kata dia perjalanan baru sampai Kabupaten Purworejo. Siti mengatakan pada mulanya rombongan akan berkunjung ke Kraton Jogja, tapi karena sebagian rombongan ada yang sudah tidak kuat maka langsung di bawa ke Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul.

Salah seorang guru bernama Narpin yang mendampingi perjalanan study Tour mengatakan, makanan yang dimakan oleh muridnya di rumah makan tersebut adalah ayam kuah santan, tahu goreng dan telur dadar. Kata dia sejumlah murid kemudian mengalami muntah-muntah beberapa jam kemudian setelah menyantap makanan tersebut.

“Ada sekitar 430 anak yang terbagi dalam 11 bus yang mengikuti study tour tersebut. Dan hampir keseluruhan mengalami gejala-geja pusing dan mual. Tapi yang kemudian dirujuk ke rumah sakit ada sekitar 58. Mereka yang kategori parah itu mualnya tidak berhenti dan ke kamar mandi lebih dari dua kali, baik dari mulai malam sampai pagi tadi,” paparnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya