SOLOPOS.COM - Para siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA di bawah naungan Muhammadiyah berpartisipasi ikut Rendangmu berfoto bersama di depan Kantor Lazismu Sragen yang terletak di Kampung Widoro, Sragen Wetan, Sragen, Jumat (8/7/2022). (Istimewa/Lazismu Sragen)

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak 66 sekolah di bawah naungan Muhammadiyah di Kabupaten Sragen berkurban lewat Program Rendangmu yang diinisiasi Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sragen.

Penyerahan hewan kurban untuk Program Rendangmu itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Agus Ulinuha bersama perwakilan 12 sekolah kepada Ketua Badan Pengurus Lazismu Sragen, Ridwan Adi Sukmono, di Kantor Lazismu Sragen, Jumat (8/8/2022) lalu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (10/7/2022), Agus Ulinuha menjelaskan 66 sekolah Muhammadiyah di Sragen ikut berpartisipasi dalam Program Rendangmu yang dijalankan Lazismu Sragen. Dia menjelaskan sekolah-sekolah Muhammadiyah sengaja ikut serta dalam Program Rendangmu itu sebagai wujud dukungan ketahanan pangan bagi warga yang membutuhkan.

“Seperti yang dketahui dari tahun ke tahun ada fenomena yang sama saat Iduladha, yakni masih ada sebagian masyarakat yang mendapatkan daging berlimpah tetapi tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu masih ada warga yang berhak ternyata tidak menerima daging kurban karena tidak ada persediaan,” terang Agus.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Cerah Berawan Lalu Hujan

Ia menyampaikan Lazismu hadir dengan program cerdas, yaitu mengemas daging kurban dalam bentuk rendang kalengan dengan nama Rendangmu.

Dengan pengalengan daging kurban itu, kata dia, proses pentasyarufannya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Dia melanjutkan dengan Rendangmu banyak warga dapat menikmati daging kurban dalam waktu yang lebih lama.

“Saya bersyukur rekan-rekan kepala sekolah, guru, dan siswa mendukung pada program ini sekaligus mendukung pada program ketahanan pangan. Kami berharap program ini menjadi pembelajaran dalam berempati kepada sesama. Empati ini perlu ditanamkan pada seluruh siswa di sekolah Muhammadiyah sejak dini agar kelak ketika dalam posisi apa pun mereka memiliki jiwa sosial yang baik,” katanya.

Baca Juga: Ini Objek Wisata Alam di Sragen yang Bisa Jadi Jujukan di Akhir Pekan

Dia menerangkan sekolah-sekolah yang ikut Rendangmu semula ditarget Rp150 juta ternyata hingga menjelang Iduladha target tersebut bisa terlampaui menjadi Rp157.955.000.

Dia mengatakan meskipun target sudah terpenuhi ternyata masih ada sekolah yang ingin berpartisipasi dalam Program Rendangmu. Dia berharap pada tahun depan nilai partisipasi dalam program Rendangmu bisa lebih besar.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Sragen, Ridwan Adi Sukmono, berterima kasih kepada Majelis Dikdasmen PDM Sragen yang mendorong sekolah-sekolah untuk ikut Program Rendangmu.

Dia menjelaskan Rendangmu merupakan program Lazismu dari pusat sampai daerah sebagai upaya ketahanan pangan di Indonesia. Nilai Rendangmu dari 66 sekolah itu, ujar dia, setara dengan delapan ekor sapi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya