SOLOPOS.COM - Salah satu anggota gerakan pramuka dari Wonogiri yang mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) 2016, Ken Wening En Raditiakasih menerima lencana teladan dari Presiden, Joko Widodo (Jokowi). Lencana tersebut disematkan saat upacara pembukaan Jamnas 2016 di Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8/2016). (Istimewa)

Siswa berprestasi yang merupakan anggota Pramuka dari Wonogiri menerima terima lencana dari Presiden.

Solopos.com, WONOGIRI – Salah satu anggota gerakan pramuka dari Wonogiri yang mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) 2016 memperoleh lencana teladan. Lencana tersebut disematkan langsung oleh Presiden, Joko Widodo (Jokowi) saat upacara pembukaan Jamnas 2016 di Cibubur, Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anggota gerakan pramuka tingkat penggalang yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Ken Wening En Raditiakasih. Dia berpangkalan di SMP Negeri 1 Wonogiri.

“Ini menjadi kebanggaan bagi kami. Kami tidak menyangka ada peserta dari Wonogiri yang mendapatkan penghargaan itu,” kata Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonogiri, Suprapto, saat dihubungi Solopos.com, Senin (15/8/2016).

Dia berharap dengan prestasi yang diraih penggalang dari Wonogiri di tingkat nasional dapat merubah penilaian masyarakat terhadap kegiatan pramuka. Dia mengatakan pramuka merupakan kegiatan positif yang dapat menguatkan karakter anak bangsa.

“Melalui penghargaan tersebut, dapat membuktikan bahwa pramuka Wonogiri memiliki prestasi di tingkat nasional. Kami juga berharap ke depan ada perhatian lebih dari pemerintah untuk kegiatan pramuka,” kata dia.

Sementara itu Ken mengaku bangga dengan penghargaan yang diterimanya. “Luar biasa, sangat bersyukur,” ungkapnya saat dihubungi, Senin.

Dia mengatakan penghargaan yang diterimanya akan dijadikan sebagai cambuk untuk terus semangat berkegiatan pramuka.

Pelajar yang tinggal di Giritontro tersebut memiliki cita-cita untuk memajukan kegiatan pramuka di daerahnya yang baru mulai berkembang. Baginya, pramuka menjadi kegiatan yang bisa menumbuhkan jiwa sosial, menumbuhkan jiwa kebersamaan dan kekeluargaan.

“Melalui pramuka bisa menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar,” kata gadis kelahiran Februari 2002 itu.

Dia mengaku sudah aktif dalam kegiatan pramuka sejak kelas 3 SD. Sejak saat itu dia sudah beberapa kali mengikuti kegiatan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Lencana Teladan merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota muda gerakan pramuka (siaga, penggalang, penegak dan pandega) yang telah menunjukkan sikap yang utama. Baik dari tanggung jawab, usaha, keuletan, kesabaran, ketabahan, kesopanan, keramahtamahan dan sebagainya. Dimana dengan sikap-sikap tersebut dapat menjadi teladan bagi anggota gerakan pramuka, keluarga dan masyarakat lainnya. Selain itu, penerima lencana teladan harus menunjukkan prestasi pendidikan formal yang baik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya