SOLOPOS.COM - Pranandan Adzania, siswa SMK Negeri 4 Kota Madiun yang menjadi Juara I Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jatim Bidang Restaurant Service. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Siswa berprestasi Madiun datang dari SMK Negeri 4 Kota Madiun yang memenangi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Madiunpos.com, MADIUN – SMK Negeri 4 Kota Madiun berhasil membawa pulang dua medali, emas dan perak dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Medali emas tersebut disumbangkan salah satu siswa SMKN 4 Madiun, Prananda Adzania, yang menjuarai LKS bidang Restaurant Service.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Prananda Adzania saat dijumpai Madiunpos.com di arena Car Free Day (CFD) Madiun, Minggu (15/11/2015) pagi, tidak pelit membagi tips menjuarai LKS Bidang Restaurant Service. Dara berusia 17 tahun itu kerap menyempatkan diri di rumah untuk mempraktikan sejumlah materi yang diperoleh dari sekolah.

“Saya paling sering belajar table decoration dan table manner di rumah. Saya melakukan kegiatan simpel, macam melipat serbet dan merangkai bunga sebagai bentuk latihan agar semakin piawai dan terampil. Intinya kita tidak boleh malas-malasan,” kata Pranandan Adzania yang akrab disapa Nanda tersebut.

Karena menjadi juara I LKS tingkat provinsi, Prananda Adzania secara otomatis bakal mengikuti LKS tingkat nasional. Dia mengaku siap menghadapi lomba yang diperuntukan khusus bagi siswa-siswi SMK tersebut.

Pranandan Adzania menyampaikan tidak jarang harus merelakan waktu bermain untuk mengikuti berbagai latihan. Dia menargetkan kembali membawa medali emas pada LKS tingkat nasional.

“Sebelum LKS Tingkat Provinsi Jatim bahkan kami harus mengikuti training ke Surabaya selama enam bulan dan sebulan di sekolah [SMK Negeri 4 Kota Madiun]. Latihan tersebut tentu menguras waktu sedangkan saya juga harus mempersiapkan ujian nasional. Namun, berkat dukungan dari keluarga, teman-teman, dan pihak sekolah, saya harus semangat merain hasil optimal,” ujar Pranandan Adzania.

Ahli Gizi
Meski berkutat di Jurusan Tata Boga, Pranandan Adzania menyimpan cita-cita menjadi ahli gizi. Menurut dia, materi dan keterampilan meracik berbagai olahan makanan dan berbagai hal lain di Jurusan Tata Boga bisa diterapkan juga apabila kelak benar-benar bisa menjadi ahli gizi.

Pranandan Adzania mengatakan cita-cita boleh menjadi apa saja asal tidak menjadi pemalas. “Kalau saya, pokoknya harus percaya diri dan jangan mudah terpengaruh dengan teman. Artinya kita harus kuat pendirian dan tidak boleh cepat minder,” jelas siswa berprestasi Madiun yang bertempat tinggal di Desa Klagen Serut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

Penyelenggaraan LKS Tingkat Provinsi Jatim tahun 2015 ini menggunakan format kompetisi antarkabupaten atau kota. Penyelenggaraan tersebut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan kompetisi antarsekolah kabupaten atau kota. Dengan format berbeda itu, Surabaya menjadi juara umum LKS tingkat Provinsi Jatim. LKS Tingkat Provinsi Jatim dilaksanakan sejak Senin-Kamis (2-5/11/2015).

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya