SISWA BARU: Jumlah PSB SMA/SMK RSBI Meningkat

SOLO- Jumlah pendaftar SMA/SMK berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Solo tahun ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau Pendaftaran Siswa Baru (PSB) SMA/SMK RSBI di Soloraya telah ditutup Jumat (4/5/2012).

Penanggung Jawab Program RSBI SMAN 1 Solo, Harminingsih, mengungkapkan hingga ditutupnya pendaftaran RSBI di SMAN 1 Solo, Jumat pukul 16.00 WIB, jumlah pendaftar program RSBI dan Akselerasi sebanyak 937 siswa. “Tahun lalu jumlah pendaftar sekitar 800 siswa. Jadi ada peningkatan,” jelasnya kepada solopos.com, Jumat.

Demikian halnya di SMKN 2 Solo, jumlah pendaftar meningkat. Ketua PPDB SMKN 2 Solo, Bambang DA, mengungkapkan tahun lalu jumlah pendaftar di SMKN 2 Solo sekitar 1.000 siswa. Tapi tahun ini, hingga Kamis, jumlah pendaftar sudah lebih dari 1.200 siswa. “Ditambah jumlah pendaftar hari terakhir, tentu lebih banyak lagi,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat.

Harminingsih mengungkapkan tahun ini kuota SMAN 1 Solo sebanyak 320 siswa RSBI dan 40 siswa Akselerasi. Saat pendaftaran PSB keluarga miskin (Gakin) ada 14 siswa yang mendaftar. 14 Siswa tersebut telah dinyatakan memenuhi syarat mendaftar di program RSBI. Tapi untuk menentukan diterima atau tidak sebagai siswa SMAN 1 Solo, masih menunggu hasil pengumuman Ujian Nasional (UN). “Syarat diterima sebagai siswa RSBI, nilai rata-rata rapor minimal 7,5. Nilai UN juga minimal 7,5,” terangnya.

Namun, kata Harmin, setelah dinyatakan diterima sebagai siswa SMAN 1 dari program PSB Gakin, akan dilakukan home visit  untuk menentukan layak tidaknya siswa itu menerima fasilitas siswa Gakin. Jika dinyatakan layak, siswa tersebut akan dibebaskan dari biaya pendidikan sesuai ketentuan. Namun jika ternyata dinyatakan tidak layak, akan tetap diterima tapi diminta membayar karena siswa tersebut telah berbohong.

Khusus siswa Gakin dari luar kota, lanjutnya, tetap mengikuti tes seperti pendaftar umum. Jika nantinya diterima dan ternyata dari keluarga kurang mampu, akan mendapatkan keringanan biaya sebagaimana siswa Gakin dalam kota.

Setelah pendaftaran, ungkapnya, akan digelar tes akademik 14-15 Mei, tes psikologi 16 Mei, tes potensi akademik khusus pendaftar program Akselerasi 18 Mei, tes praktek Teknoloi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi siswa RSBI 18 Mei, tes wawancara kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa RSBI 19 Mei. “Pengumuman akan digelar satu pekan setelah pengumuman UN,” jelasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho