SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta –– Pertemuan dengan Wakil Presiden Boediono tampaknya tidak mau disia-siakan peserta Olimpiade Astronomi Tingkat Asia-Pasifik atau Asian Pacific Astronomy Olimpiad (APAO) ke-VI asal Papua. Mereka curhat mengenai timpangnya pendidikan antara Jawa dengan Papua.

“Pak Wapres, pendidikan di Papua sangat jauh dengan yang ada di Jawa. Bagaimana ini menurut Bapak?” tanya Mendi Wey, peserta APAO dari SMA 1 Karubaga, Tolikara, Papua, kepada Boediono di Kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (22/11).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Menjawab pertanyaan tersebut, Boediono mengatakan, pemerintah ingin semua anak di daerah manapun memperoleh kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan. Termasuk para siswa yang berada di Papua adalah bagian dari bangsa Indonesia.

“Jangan ragukan. Anak-anakku ini adalah bagian dari bangsa, nggak dibeda-bedakan antara satu sama lain. Ini tekad kita. Bangsa Indonesia itu bermacam-macam, cita-cita bersamalah yang merajutnya,” kata Boediono.

Menurutnya, dana untuk pembangunan di Papua sangat cukup, tinggal diarahkan ke berbagai sektor tak terkecuali pendidikan. Pemerintah pusat juga memiliki dana, sehingga nantinya bisa digabung dengan dana khusus tersebut.

Selain di bidang pendidikan, lanjut mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini, sektor kesehatan masyarakat Papua juga jadi perhatian. Lalu, infratruktur di Papua juga masih harus dikembangkan lagi.

Olimpiade Astronomi Tingkat Asia-Pasifik akan berlangsung pada 24 November hingga 5 Desember mendatang di Kabupaten Tolikara dengan peserta dari 8 negara. Indonesia mengirimkan 2 tim yang satu di antaranya siswa-siswi SMP-SMA dari Tolikara.


dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya