Kategori: Jateng

Sister City Dijalin Kota Nanjing Tiongkok dan Kota Semarang


Solopos.com/Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com

Sister city kini disandang Kota Semarang dan Kota Nanjing yang delegasi telah berkunjung ke Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Kota Nanjing, Provinsi Jiangsu, Tiangkok melakukan penjajagan kerja sama sister city atau kota kembar dengan Kota Semarang. Untuk itu, 10 orang delegasi dari Kota Nanjing melakukan kunjungan ke Kota Semarang guna bertemu dengan Wali Kota Semarang Hendrar Perihadi.

Delegasi yang dipimpin Deputy Dirjen Komisi Etnik, China Perantauan, Urusan Luar Negeri, dan Konggres Kota Nanjing, Huang Haicheng diterima Hendrar Prihadi di Balai Kota Semarang. Dalam pertemuan itu wali kota didamping Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, Ketua Kadin Kota Semarang, dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait serta pengusaha.

“Maksud kunjungan delegasi Nanjing yakni penjajakan hubungan kerja sama sister city terkait misi kebudayaan Cheng Ho pada bidang pariwisata dan kebudayaan, perdagangan, dan jalur maritim abad ke-21,” kata Hendrar Prihadi sebagaimana dipublikasikan Semarangkota.go.id, Jumat (15/7/2016).

Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—lebih lanjut menyatakan menyambut baik kedatangan deligasi Nanjing tersebut serta berharap kerjasama sister city bisa dilakukan terutama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan informasi lain. Menurut Hendi, ada keterkaitan sejarah Kota Nanjing dengan Kota Semarang dalam hal perjalanan Laksamana Cheng Ho yakni peninggalan sejarah kelenteng Sam Po Kong.

“Kota Semarang memiliki kedekatan sejarah misi kebudayaan Cheng Ho. Jadi Semarang dan Nanjing bisa berbagi kerja sama dengan potensi yang dimiliki masing-masing kota,” ujarnya.

Dia menambahkan dirinya mendapat undangan dari Wali Kota Nanjing untuk menghadiri forum pertemuan yang akan dihadiri 200 wali kota pada Oktober 2016. “Dalam pertemuan tersebut akan ada penandatangan letter of intent sister city Semarang dengan Kota Nanjing,” kata Hendi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono