SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO–Komisi IV DPRD Solo meminta Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Solo memberlakukan standar nasional pendidikan (SNP) dalam realisasi proyek fisik pembangunan sekolah mulai 2014. Ada delapan standar yang harus dipenuhi pemerintah kota (pemkot) dalam penerapan SNP itu.

Permintaan itu disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail, saat ditemui Espos di Lorin Hotel Solo, Rabu (30/4/2014). Ghofar berharap SNP itu juga harus direalisasikan untuk sejumlah sekolah plus di Kota Bengawan karena standar itu merupakan fasilitas pendidikan yang harus disediakan pemkot.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sebenarnya Disdikpora itu sudah menyusun grand design pendidikan dengan penerapan standar pelayanan minimal mulai 2012 dengan target tercapai 100% pada 2025 mendatang. Artinya, pada 2025 seluruh sekolah SD dan SMP sudah mengimplementasikan SNP. Implementasi itu harusnya mulai sekarang dengan adanya proyek fisik pembangunan SD dan SMP. Dalam SNP itu harus ada 12 ruang kelas per sekolah, ada laboratorium, perpustakaan, dan seterusnya,” tegasnya.

Ghofar menyayangkan alokasi anggaran Rp150 juta untuk menindaklanjuti grand design pendidikan itu tidak terserap di 2013. Ghofar berharap minimal pembangunan lanjutan untuk tiga SDN sudah mengarah ke SNP, yakni untuk SDN Pucangsawit, SDN Dukuhan Kerten, dan SDN Badran Purwosari.

Sementara itu, Kepala Disdikpora Solo Etty Retnowati menerangkan kegiatan pembangunan fisik yang dilakukan Disdikpora memang sudah diarahkan ke SNP sejak 2013. Etty merespons positif masukkan Komisi IV dan akan merealisasi tiga SDN sebagai pilot project pemberlakukan SNP. “Nantinya, bukan hanya di tiga SDN itu, tetapi juga dilakukan di sejumlah SDN lainnya, termasuk di sekolah plus,” akunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya