Sisi Kelam Dunia K-Pop: Bisnis Rating, Fancam Settingan, Utang Idol
Bangstan Boys BTS. (istimewa/Instagram/big_ent)

Solopos.com, SOLO — Sudah menjadi rahasia umum, dunia K-Pop menyimpan sejuta problematika. Sisi gelap industri hiburan di Korea Selatan ini mulai banyak dibicarakan. Bahkan rahasia-rahasia yang terbongkar mulai dari kebiasaan para idol maupun mantan praktik tak lazim di dunia hiburan.

Sam Okyere Bicara Soal Rasisme di Industri Hiburan K-Pop

Dilansir dari Koreaboo, Kamis (27/8/2020), berikut rangkumannya;

Bisnis Manipulasi Rating

Go mantan personil Mblaq mengungkapkan ada sebuah bisnis yang dikhususkan untuk memenangkan grup Idol tertentu di chart musik. Mereka melakukannya dengan memblokir server lalu lintas domestik Korea Selatan, lantas mengontrolnya dari luar negeri.

Pada tahun 2010, saat rumor manipulasi berhembus kencang di industri K-Pop, sang manipulator chart mengunjungi agensi Go. Mereka menawarkan agar penyanyi agensinya bisa menjadi peringkat pertama dalam chart musik dalam waktu satu bulan. Syaratnya, mereka harus rela menggelontorkan US$375 juta atau sekitar Rp5,4 miliar.

Ternyata kejadian ini juga dialami agensi dari 2PM. Salah satu member berbicara kepada Go, bahwa agensi mereka mendapatkan tawaran yang sama tapi dengan bayaran lebih mahal, yaitu US$500.000-600.000 atau setara tujuh hingga delapan miliar rupiah.

Terlalu Provokatif, 5 Video Klip Girlgroup K-Pop Ini Dilarang Tayang di TV Korea

Fancam

Fancam merupakan video yang dibuat oleh penggemar yang menonton secara langsung. Fancam lazim ada di konser-konser K-Pop di mana video-video hasil fancam tersebut disebar lewat media sosial.

Hal yang cukup mencurigakan adalah beberapa idol tampak sadar kamera. Lantas timbul pertanyaan, bagaimana mereka bisa melakukan kontak mata dengan tepat, padahal ada ribuan penggemar saat konser?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh Tina, mantan member Blady lewat channel Youtubenya, Soobeanie. Fancam tak sepenuhnya berlangsung alami atau diambil secara sembunyi-sembunyi. Ada tanda khusus yang membuat fans dengan kamera fancam mudah dikenali para idol.

Kamera fans mendapatkan perhatian dari idol karena ada tanda elektronik dengan nama idol di atasnya. Mereka akan sering menunjukkan tanda tersebut sebelum penampilan idol itu dimulai.

Ahli Operasi Plastik Korea Ungkap Wajah Idol K-Pop Paling Banyak Ditiru

Kencan di Variety Show

Tina juga mengungkap detail tentang idol yang berkencan di variety show Idol Star Athletics Championships (ISAC). Dia mengatakan bahwa beberapa idol memang benar memiliki hubungan. Tetapi selama acara itu berlangsung, mereka tidak akan saling berinteraksi. Tetapi cara mereka terus melirik satu sama lain, membuat hal itu terlihat jelas jika mereka sedang berkencan.

Alasan Dibubarkan

Mantan anggota Madtown Ho dan mantan idol Siwan dari Twilight berbagi cerita yang sama. Menurut mereka penyebab grup dibubarkan adalah utang yang menumpuk.

Sebelum grup didebutkan, masing masing member pasti akan menanggung biaya yang tidak sedikit untuk debut mereka. Agensi akan meminta tiap member menanggung biaya produksi album, video klip, kostum promosi, dan biaya yang lain.

Biaya dari semua persiapan debut minimal US$500.000 atau sekitar Rp7,3 miliar. Dengan biaya sebesar itu, setiap member pasti akan dibebankan utang sekitar US$70.000.

Jika grup idol dibayar US$3.000 atau setara Rp44 juta dalam sekali tampil, maka grup idol tersebut harus punya jadwal yang ketat agar bisa melunasi utang tersebut. Jika sebuah grup tidak berhasil cukup cepat untuk melunasi utang debut mereka, kemungkinan besar mereka akan bubar.

Ngaku Dibully, Member Girl Grup K-Pop: Aku Dipaksa Nonton Video Seks

Menurut Mir member Mblaq, kebanyakan orang mengira grup akan bubar karena hubungan yang tidak harmonis antar member, aslinya hal tersebut jarang terjadi. Justru penyebab utama mereka bubar adalah utang yang tidak bisa mereka bayar tadi.

Indah Pranataning Tyas



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom