SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Sebagian orang mengatasi sariawan dengan jeruk, namun percayakah Anda bunga juga dapat menyembuhkannya secara alami?

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Marketing Herbal Tazzaka, Agus Prasetiyo, mengatakan sariawan merupakan penyakit mulut yang diakibatkan infeksi jamur. Bagian yang terkena sariawan terlihat bintik-bintik putih. Penyakit ini biasanya muncul di lidah, langit-langit mulut, gusi, dan bagian dalam mulut

“Banyak hal yang dapat menyebabkan sariawan, seperti gangguan keseimbangan tubuh akibat stres, kurang vitamin C dan kurang tidur. Faktor lain adalah kesalahan menggosok gigi sehingga menimbulkan luka di selaput mulut,” jelasnya, saat ditemui Harian Jogja, di GOR UNY, Jogja, Senin (30/1).

Namun tak perlu cemas karena rosela merah atau bunga merah dapat mengatasi sariawan. Mungkin belum begitu banyak yang mengenal rosella. Bunga ini merupakan tumbuhan yang masih satu keluarga dengan kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis).

Ada yang mengatakan rosela berasal dari India tetapi ada juga pendapat yang mengatakan bunga ini berasal dari Afrika Barat. Bunga merah semula diperkenalkan di Malaysia sejak lebih dari tiga abad yang lampau. Di India Barat bunga ini disebut Jamaican Sorrel.

Rosela biasa tumbuh dari biji atau benih dengan ketinggian yang bisa mencapai tiga hingga lima meter, serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunganya berwarna cerah, kelopak bunga berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga sepatu.

Bagian rosela yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya yang mempunyai rasa yang amat asam. Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi berbagai jenis makanan seperti minuman, jelly, saos, teh, atau manisan. Selain itu, daun muda rosela bisa juga dijadikan salad.

Menurut Agus, kelopak bunga rosela ternyata kaya kandungan vitamin C, vitamin A, dan asam amino. Tingginya kadar vitamin C yang dikandungnya membuat bunga ini efektif mengatasi sariawan.

Hanya butuh tiga kelopak bunga rosela untuk mengobati sariawan. Patahkan kelopak bunganya lalu bersihkan, kemudian direbus sebentar dan tunggu hingga. Setelah itu barulah ramuan rosela bisa diseduh.

“Bagi yang tidak tahan dengan rasa asamnya bisa ditambah madu atau gula batu. Jangan pakai gula putih karena akan mengurangi khasiatnya,” ungkapnya.

Belakangan ini rosela kemasan juga banyak beredar, salah satunya produk Sari Rosela yang dikemas dalam bentuk sirup. Tinggal tuangkan sirup ini secukupnya ke dalam gelas dan beri air dan khasiatnya akan terasa.(WARTAWAN HARIAN JOGJA/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya