SOLOPOS.COM - Ilustrasi.dok

Sirkuit Gunungkidul diusulkan dibangun 2017.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Anggota Dewan bersepakat untuk membuat sebuah sirkuit balap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Adapun alokasi anggaran yang disediakan di kisaran Rp5 miliar-Rp10 miliar. Pembangunan sirkuit ini direncanakan mulai digarap di tahun depan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dananya sudah kita masukan ke dalam RAPBD 2017,” kata Ketua DPRD Gunungkidul Suharno, Jumat (11/11/2016).

Dia menjelaskan, anggaran sekitar Rp10 miliar ini digunakan untuk penetapan lahan hingga proses pembangunan sirkuit. Disinggung mengenai lokasi, Politikus PDI Perjuangan ini belum dapat memastikan. Namun rencana pembangunan sirkuit ini sudah muncul sejak lama, bahkan dulu pernah menetapkan lokasi di sekitar Pasar Hewan Siyono sebagai tempat untuk menggeber balap kuda besi ini.

“Tapi untuk saat ini masih belum pasti karena masih nyari tempat yang cocok. Jadi nanti setelah dapat lokasinya, akan langsung dibebaskan dan kemudian dibangun lintasan balapnnya,” ungkpanya.

Terpisah, Panit Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino mengapresiasi terhadap wacana untuk mendirikan lokasi sirkuit balap. Keberadaan fasilitas ini, menurut dia, diharapkan mampu mengurangi potensi balam liar di kalangan remaja.

“Tidak jarang kita sering lakukan kucing-kucingan dengan pelaku balam liar yang didominasi para remaja ini. jadi kalau ada sirkuit resmi, keberadaan balap liar bisa ditekan karena anak-anak bisa menyalurkan hobinya itu di tempat tersebut,” kata Ngadino.

Menurut dia, jajaran Polres Gunungkidul sudah sering melakukan pembubaran secara paksa aktivitas balap liar. Hal itu dilakukan, untuk menciptakan ketertiban dan juga keselamatan bersama karena kegiatan ini tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga pengendara lainnya.

“Dari kegiatan itu, kami juga sempat menyita beberapa motor yang digunakan untuk balap liar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya