SOLOPOS.COM - Kelompok tari modern K-Pop, C Friend, unjuk kebolehan dalam Korean Dance Cover Competition. Lomna tari modern yang bertema K-Pop tersebut diadakan di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Sabtu (15/8/2015) malam. (Ayu Abriyani K.P/JIBI/Solopos)

SIPA 2015 dipromosikan oleh panitia SIPA dengan mengadakan dance K-Pop.

Solopos.com, SOLO – Dalam rangka mempromosikan Solo International Performing Arts (SIPA) yang akan diadakan pada 10-12 September 2015 di Benteng Vasternberg, panitia SIPA mengadakan pre event berupa Korean Dance Cover Competition. Tari modern yang bertema Korean Popular (K-Pop) tersebut diadakan di Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Sabtu (15/8/2015) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Acara yang merupakan ajang kompetisi tari itu mengharuskan pesertanya untuk menirukan gerakan tari para boyband atau girlband asal Korea Selatan. Peserta juga boleh mengkolaborasikan lagu berbahasa Korea dengan lagu bahasa lain. Acara itu bisa menjadi tempat bagi penggemar K-Pop yang ingin mengekspresikan diri melalui sebuah pertunjukan tari.

Peserta acara itu ada 15 grup tari dari Solo dan sekitarnya. Selain peserta lomba, juga ada penampilan dari Sanggar Semarak Candra Kirana dan grup tari modern dari Maps Magnificent. Ada tiga juri dalam lomba itu yang merupakan perwakilan dari Maps Dance School, panitia SIPA, dan akademisi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Lomba yang diikuti grup tari laki-laki dan perempuan usia 15-25 tahun itu menjadi perhatian para pengunjung mall. Terutama dandanan dan gaya berpakaian mereka yang seperti boyband atau girlband asal Korea Selatan. Seperti rambutnya yang dicat berbagai warna, mengenakan pakaian berwarna ngejreng, dan make up yang tebal.

Salah satunya, C Friend, yang tampil dalam lomba itu dengan kostum berupa sweater berwarna putih yang panjangnya sebatas pusar dan rok pendek berwarna biru laut. Mereka yang tampil seperti anggota cheerleaders itu terdiri atas lima orang perempuan yang baru lulus SMA.

Menurut salah satu personelnya, Rania, mereka yang merupakan penggemar K-Pop dan tari modern menari K-Pop yang dikolaborasikan dengan hip hop. Lagu untuk mengiringi tarian mereka dari girl band asal Korea yakni GFriend yang berjudul White and Glass Bead.

“C Friend terbentuk Januari lalu karena kami yang berbeda sekolah sama-sama suka menari. Kebetulan ada lomba ini, kami ingin ikut serta untuk menyalurkan hobi. Menang atau tidak, itu tidak masalah. Yang penting bisa tampil,” katanya saat ditemui Solopos.com sesuai tampil di panggung.

Sementara, Humas SIPA, Putri Pramita Wisnu Wardani, mengatakan kegiatan tersebut merupakan ajang promosi kegiatan yang akan diadakan pada hari terakhir SIPA 2015 yang berupa Korean Cultural Night. Para pengunjung akan disuguhkan berbagai macam pertunjukan seni yang berasal dari Negeri Ginseng. Selain itu, juga ada pameran sejumlah kebudayaan Korea salah satunya hanbook atau pakaian tradisional Korea Selatan.

Selain itu, juga akan ada bintang tamu boyband dari Korea Selatan yakni Rion Five. Grup band yang digawangi lima personel terdiri atas Minjae, Taewoo, Royun, Yoseong, dan Kangsan itu baru digandrungi di Korea Selatan. Mereka memulai debutnya di Korea pada 25 Maret 2014 dengan lagu Crush On You.

Terkait lomba itu, Putri menyatakan ada tiga penampil terbaik yang dinilai dari kekompakan gerakan, kostum, dan gaya yang mirip dengan boyband atau girlband Korea. Namun, apakah pemenang itu akan tampil dalam SIPA atau tidak, panitia akan mengevaluasi kembali penampilan yang pas untuk tampil di SIPA.

“Dari kegiatan ini, kami ingin menjaring minat anak muda terutama penggemar K-Pop. Sekaligus promosi festival Korea yang akan diadakan pada hari ketiga SIPA. Tahun ini kami memang menampilkan hal yang berbeda agar warga Solo dan sekitarnya tidak bosan,” katanya saat ditemui wartawan di sela-sela lomba tari modern, Sabtu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya