SOLOPOS.COM - Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti. (Istimewa)

Solopos.com, YOGYAKARTA -- Manajemen PT XL Axiata Tbk memastikan karyawannya yang bertugas di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sekitarnya termasuk Sleman tidak terpapar Covid-19.

Konfirmasi tersebut perlu disampaikan karena sebelumnya ada kasus sejumlah karyawan perusahaan mitra XL Axiata di Kabupaten Sleman yang positif terjangkit Covid-19 awal pekan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Group Head Central Region XL Axiata Rd. Sofia Purbayanti, menyatakan meskipun memiliki hubungan kemitraan, namun kedua perusahaan tidak dalam satu manajemen. Karena itu karyawan perusahaan mitra tersebut tidak di bawah manajemen XL Axiata. Kantor keduanya juga terpisah.

“XL Axiata sejak awal berjangkitnya pandemi ini telah menerapkan sistem monitoring yang ketat terhadap kondisi kesehatan setiap karyawannya di seluruh Indonesia. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat sesuai regulasi yang berlaku. Baik nasional maupun di setiap daerah tempat kantor kami berada. Protokol kesehatan mengikat semua karyawan, baik yang harus bekerja di kantor maupun di rumah. Hal itu juga kami terapkan dalam memastikan kondisi keamanan kantor dan semua fasilitas kerja kami,” tegas . Sofia Purbayanti.

Jangan Khawatir, Pasar Mbatok Kemuning Karanganyar Sudah Bisa Transaksi Nontunai

Tidak hanya itu, menurut Sofia terkait kasus di Yogyakarta di atas, pada Selasa 13 Oktober 2020, Dinas Kesehatan Sleman telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta di Jl. Laksda Adi Sucipto Mo.163, lantai 1, Sleman. Dinkes juga telah wawancara dengan petugas facility management kantor. Hasilnya, XL Center Yogyakarta dinyatakan aman dan menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Terkait kasus Covid-19 tersebut, lanjut Sofia, manajemen XL Axiata perlu menyampaikan beberapa hal. Perusahaan mitra XL Axiata di Sleman, di mana sejumlah karyawannya ditemukan positif Covid-19, menangani layanan call center untuk pelanggan dan masyarakat

"Lingkup kerja layanan call center yang dilakukan perusahaan tersebut tidak beinteraksi fisik secara langsung dengan pelanggan. Mereka menghubungi pelanggan melalui telepon," kata Sofia.

Dongkrak Perekonomian Jateng, XL Axiata Tingkatkan Kualitas di Pelosok Banyumas Raya

Pelayanan Pelanggan

Sektor telekomunikasi merupakan salah satu sektor vital selama pandemi, yang membutuhkan dukungan operasional 24 jam penuh, termasuk layanan call center. XL Axiata memastikan layanan call center tetap beroperasi secara normal memberikan layanan kepada masyarakat.

Bahkan XL Axiata terus melakukan koordinasi dengan manajemen perusahaan mitra dan Dinas Kesehatan Sleman dalam pelaksanaan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Tak hanya itu, XL Axiata juga memprioritaskan kesehatan para agen yang ternaung dalam mitra dengan melakukan tata kelola sesuai regulasi, serta pemberian vitamin dan dukungan lainnya.

"Kita juga sudah melaksanakan sterilisasi kantor XL Axiata dan penyemprotan disinfektan menyeluruh, pada 5 Oktober 2020. Termasuk tes kesehatan karyawan di Yogyakarta dan Sleman, hasilnya negatif Covid-19," jelasnya.

3.517 Wartawan Lolos Seleksi Fellowship Perubahan Perilaku, Pendaftaran Masih Dibuka

Dinas Kesehatan Sleman juga telah menginspeksi secara langsung XL Center Yogyakarta di Jl. Laksda Adi Sucipto No.163 (Lt.1), Sleman. Dinyatakan aman dan sudah menjalankan  protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan oleh pemerintah.

"XL Axiata berkomitmen untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada setiap karyawan dan mitra kerja guna mencegah penularan Covid-19, baik di dalam maupun di luar lingkungan perusahaan.

Protokol kesehatan juga diterapkan secara ketat dalam pelayanan pelanggan di XL Axiata Center di seluruh Indonesia. Termasuk mengurangi interaksi langsung pelanggan dengan petugas dan perangkat layanan lainnya. Saat datang, pelanggan diminta mencuci tangan, menggunakan masker, dan mendapatkan nomor antrian melalui SMS.

"Nomor antrian melalui SMS membuat pelanggan bisa memperkirakan waktu menunggu giliran mendapatkan pelayanan petugas. Sehingga mengurangi kerumunan pelanggan di ruang tunggu. Meja layanan juga disekat dengan kaca akrilik dan penyemprotan disinfektin juga dilakukan setiap hari," pungkas Sofia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya