SOLOPOS.COM - Tiga paslon di Pilkada 2020 saat mengikuti deklarasi kampanye damai di KPU Klaten, Sabtu (26/9/2020). Melalui deklarasi tersebut, masing-masing paslon diminta proaktif menjaga kondusivitas di Klaten selama masa kampanye. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN -- Tiga pasangan calon atau paslon di Pilkada Klaten mengikuti deklarasi kampanye damai di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Sabtu (26/9/2020).

Melalui deklarasi kampanye damai itu, masing-masing paslon diminta proaktif menjaga iklim kondusivitas di Kabupaten Bersinar selama masa kampanye.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berdasarkan pantauan Solopos.com, tiga paslon menghadiri deklarasi kampanye damai Pilkada Klaten. Paslon nomor urut 1, Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo); paslon nomor urut 2, One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI); dan paslon nomor urut 3, Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT).

Alamak! Baru Diumumkan Turun Zona, Positif Covid-19 Sragen Tambah 24 Orang

Aparat keamanan turut menjaga ketertiban pelaksanaan deklarasi damai tersebut. Deklarasi kampanye damai dipandu langsung Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani.

Terdapat empat poin deklrasi damai Pilkada Klaten 2020. Poin pertama, mewujudkan pemilihan bupati dan wakil bupati Klaten tahun 2020 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Poin kedua, melaksanakan kampanye yang aman, tertib, damai, bersinergi, tanpa hoaks, politisasi SARA, dan politik uang.

Di Luar Dugaan, Ternyata Ini Penyebab Utang Rp895 Juta Cawali Solo Gibran

Pilkada di Tengah Pandemi

Poin ketiga, yakni melaksanakan kampanye dengan mematuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan).

Poin keempat, melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Hari perdana kampanye ini, masing-masing paslon telah mengikuti deklarasi damai. Harapannya, selama masa kampanye dapat dijalankan sesuai peraturan dan protokol pencegahan Covid-19. Pilkada kali ini di tengah pandemi Covid-19. Masa kampanye berlangsung 26 September 2020-5 Desember 2020," kata Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, saat ditemui wartawan di kantornya, Sabtu (26/9/2020).

Deklarasi Damai Pilkada Wonogiri Terkendala, 2 Paslon Rebutan Kata “Nyawiji”

Ketiga paslon yang bertarung di Pilkada 2020 di Klaten menyatakan siap menaati dan menjalankan seluruh poin dalam deklarasi damai tersebut. Di sisi lain, anggota pengawas Pilkada 2020 juga telah siap menjalankan tugasnya selama pelaksanaan masa kampanye.

"Kami 100 persen sudah siap mengawasi jalannya kampanye," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Klaten, Arif Fatkhurrahman.

Puluhan APK Liar di Klaten Dipreteli, Pemilik Bisa Ambil di Bawaslu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya