SOLOPOS.COM - Ketua Umum PP DMI, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 M. Jusuf Kalla akan menyampaikan keynote speech pada pembukaan konferensi ini. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkap kriteria calon presiden yang pantas memimpin Indonesia pada 2024. Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan perlu ada kriteria khusus untuk bisa menjadi pemimpin bagi lebih dari 270 juta penduduk Indonesia.

Dirinya meminta masyarakat Indonesia jangan dahulu meributkan soal nama. Sebab, saat ini yang lebih penting adalah menyatukan kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh pemimpin Indonesia pada masa depan.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Pertama, leadership-nya harus kuat. Dia punya kemampuan kepemimpinan. Kedua adalah pengalaman,” ujar Jusuf Kalla seusai menghadiri makan malam 70 tahun Kalla di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga KPK Usut Lagi Kasus Kardus Durian, Cak Imin Terancam

Selain memiliki pengalaman yang matang, kata JK, kriteria selanjutnya ialah pemimpin juga harus punya tingkat kecerdasan yang cukup baik. JK mengatakan kriteria keempat ialah pemimpin harus memiliki track record yang baik.

“Itu saja empat. Boleh ditambah. Silakan diukur sendiri, bagaimana Anies, Prabowo, Ganjar, Puan, dan banyak lainnya,” ungkapnya.

JK mengatakan memilih pemimpin tidak boleh dilakukan dengan main-main. Oleh karena itu, sebelum berbicara nama, seharusnya langkah pertama yang dilakukan ialah menyusun kriteria.

Baca Juga KPK Klaim Selamatkan Aset Senilai Rp351,86 Miliar

JK lantas menyinggung soal Nasdem yang sudah menunjuk Anies sebagai capres dari partai tersebut. Menurutnya, mungkin saja Nasdem sudah memiliki kriteria dan hal itu ada pada diri Anies.

Ke depan, giliran masyarakat yang menilai dengan objektif soal kriteria dan nama calon presiden Indonesia pada 2024. “Jangan dahulu anti ini anti itu. Kriterianya mana dahulu?” kata Kalla.

Saat ditanya soal sosok yang mendekati kriterianya, JK masih enggan mengungkap. Menurutnya, biarkan masyarakat yang menilai saja.

Baca Juga Tersangka KPK, Bupati Bangkalan Dicegah ke Luar Negeri

JK mengatakan biarkan 270 juta lebih masyarakat Indonesia yang menilai sekaligus menyusun kriterianya sendiri. “Yang penting pemimpin bisa membawa Indonesia maju, makmur, dan adil,” tegasnya.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini 4 Kriteria Capres ala Jusuf Kalla, Singgung Anies hingga Ganjar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya