Sing Tertib Berkendara Lur, Ini 10 Lokasi Kamera ETLE di Sukoharjo

Adanya kamera ETLE yang dipasang di jalan di Sukoharjo memudahkan polisi memantau pelanggaran lalu lintas.

 Salah satu kamera ETLE yang terpasang di Sukoharjo. (Istimewa-Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Salah satu kamera ETLE yang terpasang di Sukoharjo. (Istimewa-Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polri telah menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di 12 Polda di Indonesia sejak Maret 2021, termasuk Polda Jawa Tengah. Adanya kamera ETLE yang dipasang di jalan akan memudahkan polisi memantau pelanggaran lalu lintas.

Di Sukoharjo, Jawa Tengah, terdapat 10 lokasi pemasangan kamera sirkuit tertutup atau CCTV untuk memantau pergerakan lalu lintas dalam rangka penerapan ETLE.  Menurut data yang diperoleh Solopos.com, sepuluh lokasi pemasangan kamera pemantau ETLE di Sukoharjo itu yakni:
1. Terminal Sukoharjo
2. Simpang 5 Sukoharjo
3. Simpang 4 Univet
4. Jalan raya Wonogiri-Solo/ Dolog
5. Simpang 4 Ciu
6. Bundaran Pandhawa Solobaru
7. Depan Pom Bensin Solobaru
8. Simpang 4 The Park
9. Pos 7 UMS
10. Kranggan

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kamera ETLE akan menyala selama 24 jam dan merekam semua pelanggaran lalu lintas. Adapun jenis pelanggaran yang terekam kamera CCTV ETLE:

1. Melanggar rambu lalu lintas dan markah jalan
2. Tidak memakai helm yang berstandar SNI
3. Menggunakan gawai saat berkendara
4. Menggunakan pelat nomor palsu
5. Tidak mengenakan sabuk pengaman

Baca juga: Terungkap, Ini Penyebab Pemotor Kena Tilang di Jalan Sawah Sukoharjo

Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Heldan Pramodha Wardana, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, beberapa waktu lalu, mengatakan pelanggar lalu lintas akan direkam pelat nomornya kemudian petugas akan melacak pemilik kendaraan yang melanggar berikut alamatnya.

Setelah itu, petugas akan mengirimkan surat pemberitahuan pelanggaran ke alamat pemilik kendaraan melalui pos. Polisi akan menunggu konfirmasi dari pemilik kendaraan. Bisa saja saat pelanggaran terjadi, kendaraan bersangkutan sudah berpindah kepemilikan namun belum dibalik nama.

Segera Membalik Nama

Kasatlantas mengimbau warga ketika menjual kendaraan agar meminta pembeli secepatnya mengganti nama pada STNK. Sedangkan masyarakat yang membeli kendaraan dari orang juga diharapkan segera membalik nama kendaraan tersebut. “Imbauan ini untuk kebaikan masyarakat. Kasihan kalau yang melanggar lalu lintas orang lain, tapi pemilik motor lama yang menjadi korban tilang karena belum balik nama kendaraan setelah dijual ke orang lain,” ucapnya.

Baca juga: 9.714 Pengendara Kena Tilang di Sukoharjo, Salahnya Apa?

Sementara itu, sebanyak 9.714 pengendara terkena tilang akibat melanggar aturan lalu lintas di wilayah hukum Polres Sukoharjo sejak Januari hingga Juni 2022. Pelanggaran itu sebagian diketahui lewat rekaman kamera ETLE dan sebagian lainnya melalui operasi penindakan pelanggaran (dakgar) kasat mata.

“Kami melalui dakgar kasat mata dan ETLE mobile. Lebih banyak target [pelanggaran] yang didapatkan dengan ETLE mobile. Karena masyarakat banyak yang tidak mengetahui, dalam arti menyepelekan mungkin karena tidak adanya polisi di jalan, oh saya bebas, mungkin pikirnya seperti itu,” jelas KBO Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Sri Wuri, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin (13/6/2022).

Dia menjelaskan jenis pelanggaran yang terekam perangkat ETLE rata-rata pengendara tidak lengkap keselamatan berkendara. Misalnya tidak memakai, melanggar marka jalan dan lainnya. Sedangkan jenis pelanggaran yang terjadi saat penindakan langsung biasanya penggunaan knalpot brong.

Baca juga: Hari Ke-4 Operasi Patuh Candi Sukoharjo, 388 Pelanggar Kena Tilang

Dia menambahkan penggunaan ETLE atau tilang elektronik dapat membantu pihak kepolisian menjadi lebih cepat dan akurat dalam penanganan pelanggaran. Namun dengan penggunaan ETLE mobile memicu dampak lain. Hal itu lantaran polisi tidak terlihat melakukan razia di jalan.

“Jadi terkadang lebih banyak yang menyepelekan kalau tidak ada razia [dakgar kasat mata], pembuatan SIM menurun hampir 50%, belum lagi pajak STNK juga jadi menurun karena menunda pembayaran, sementara laka lantas juga semakin tinggi,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).