SOLOPOS.COM - Potongan kabel yang dicuri lima warga Kota Solo pada pekan lalu. (Istimewa/Dok. Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO–Aparat Polresta Solo menangkap 11 pelaku sindikat pencurian kabel jaringan telepon dan Internet milik PT Telkom Solo.

Empat pelaku merupakan anggota TNI dan Polri.

Pernyataan ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kapolresta Solo, Kombes Pol Alfian Nurrizal, saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa (4/10/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sindikat pencurian kabel itu tertangkap basah saat menggali tanah dan hendak mencuri kabel di wilayah Kecamatan Banjarsari pada Selasa (27/9/2022) dini hari.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sindikat pencurian kabel Telkom terdiri atas tujuh warga asal Bekasi, Jawa Barat. Sementara tiga anggota Polri dan satu anggota TNI. Khusus anggota TNI, kami menyerahkan proses penindakan pada Denpom IV/4 Solo,” kata dia, Selasa.

Ketujuh pelaku masing-masing berinisial DD, L, S,M, G,E, dan L. Sedangkan ketiga anggota Polri masing-masing berinisial MP, U, dan AS.

“Seluruh pelaku sudah ditahan di Mapolresta Solo sejak pekan lalu,” ujar dia.

Alfian menyebut sebelum tertangkap, para pelaku beraksi di wilayah Banjarsari. Mereka menggasak puluhan meter kabel jaringan Internet dan telepon milik Telkom senilai Rp50 juta.

Kabel Internet dan telepon itu lantas dijual kepada penadah di luar Solo. “Kabel Internet yang dicuri itu kabel lama milik Telkom. Kabel tembaga sehingga harganya pasti mahal,” ujar dia.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa empat unit mobil, tujuh linggis, empat pasak, tiga palu. Selain itu, polisi juga menyita kapak dan rantai besi.

“Para pelaku dua kali beraksi di Solo. Satu kali berhasil. Satu kali gagal karena tertangkap polisi. Kami masih mengembangkan penyidikan kasus ini,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya