Simulasi PTM SMP di Solo Tunggu Izin Mas Wali Gibran
Ilustrasi pelajar SMP. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) SMP Solo bakal diselenggarakan dalam waktu dekat meskipun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 22 Maret 2021.

Dinas Pendidikan (Disdik) Solo tengah meminta izin Wali Kota dan Satgas Penanganan Covid-19 Solo.

“PPKM ada perpanjangan hingga 22 Maret [2021]. Disdik akan minta izin Wali Kota dan Satgas Covid-19 untuk simulasi PTM untuk bulan Maret ini. Menunggu izin,” ujarnya, Sabtu (6/3/2021).

Sedianya, simulasi PTM akan diadakan setelah PPKM periode kali ini yang berakhir Senin (8/3/2021). Dengan kata lain, jika tidak ada kendala simulasi akan bisa dimulai Selasa (9/3/2021).

Baca juga: Ibu Felicia Tagih Kaesang Pangarep Kembalikan Kunci & STNK Mobil Anaknya

PTM akan diikuti 23 SMP baik negeri maupun swasta yang dinyatakan siap oleh pengawas di masing-masing wilayah.

Etty mengatakan, prinsip utama kepesertaan PTM ini adalah lokasi sekolah berada di wilayah zona hijau Covid-19. Demikian pula dengan peserta didik yang boleh ikut simulasi berasal dari zona hijau Covid-19 selain telah mendapatkan izin orang tua.

Ia juga berpesan kepada Satgas Covid-19 di tingkat sekolah benar-benar menerapkan dan melakukan pengawasan ketat terhadap berjalannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada saat PTM berlangsung.

Baca juga: 5 Sate Kambing Paling Enak di Solo, Mana Langgananmu?

Sementara itu, sebagian sekolah peserta PTM menyatakan masih menunggu kebijakan Disdik lebih lanjut. Kepala SMP Diponegoro Solo, Namara Dirgantara mengatakan sekolahnya siap menyelenggarakan PTM dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan sesuai prosedur operasi standar (POS).

“Dari segi sarana dan prasarana kami siap mengikuti PTM. Sebagian besar orang tua siswa Kelas IX juga menyetujui anaknya ikut simulasi PTM. Prosedur standar pembelajarannya juga siap kami ikuti. Tapi untuk waktu pelaksanaannya kami masih menunggu Dinas [Disdik Solo],” ujarnya.

Baca juga: Hiiii.... Sukarelawan Sering Alami Hal Mistis Saat Cari Luweng di Wonogiri

Kesiapan

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga sempat meninjau kesiapan simulasi PTM di SMPN 4 Solo. Dalam kesempatan itu ia juga berinteraksi dengan siswa secara virtual.

Sebelumnya diberitakan, Disdik Solo akan menggelar simulasi PTM bagi siswa SMP mulai Selasa (9/3/2021) pekan depan. Simulasi dilaksanakan sebagai persiapan PTM yang direncanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimulai Juli 2021 nanti.

Simulasi PTM SMP akan diikuti 23 sekolah yang paling. Mereka adalah SMP Al Azhar Syifa Budi, MTsN 1, SMPN 4, SMPN 10, SMPN 15. SMPN 27, SMPN 7, SMPN 25, SMPN 26, SMPN 6, SMPN 21, SMPN 23, SMPN 3, SMPN 22, SMPN 5, SMPN 8, SMP Islam Diponegoro, SMP Batik, SMP Advent, SMP Widya Wacana 1, SMP Kalam Kudus, SMP Marsudirini, dan SMP Islam Terpadu Nur Hidayah.



Berita Terkini Lainnya








Kolom