Simulasi PTM Jenjang SMP Solo Disetop Sementara, Ini Penyebabnya
Siswa kelas IX SMP Negeri 4 Solo antre dengan menjaga jarak saat mencuci tangan sebelum memasuki kelas pada Simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di halaman SMP Negeri 4, Solo, Selasa (13/10/2020). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Simulasi pembelajaran tatap muka atau PTM tiga sekolah jenjang SMP Kota Solo dihentikan sementara karena siswa menjalani penilaian akhir semester (PAS) secara online dari rumah.

PTM jenjang SMP akan lanjut kembali pada Januari 2021 mendatang. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo, Etty Retnowati, mengatakan PAS berlangsung selama sepekan sejak Senin (30/11/2020) hingga Senin (7/12/2020).

Selanjutnya siswa memasuki liburan semester hingga akhir Desember. “Simulasi berhenti dulu karena siswa kan PAS online sampai tanggal 7 Desember, lalu mereka libur semester sampai akhir Desember. Dengan demikian simulasi akan berlanjut lagi Januari 2021,” ujarnya, Senin (30/11/2020).

Rudy Pastikan Jadwal Fungsional Flyover Purwosari Solo Tak Berubah, Tetap 21 Desember!

Etty mengatakan ketiga SMP Kota Solo yang menjalankan simulasi PTM dengan protokol kesehatan, yakni SMPN 4, SMP Al Azhar Syifa Budi, dan MTsN 1. Mereka akan melanjutkan PTM pada awal tahun depan dengan peserta saat ini, yakni siswa Kelas IX.

Etty belum bisa memastikan perluasan simulasi, baik terkait penambahan jumlah peserta pada masing-masing sekolah maupun penambahan jumlah sekolah peserta simulasi PTM.

“Yang tiga sekolah itu nanti Januari tetap lanjut karena mereka sudah berjalan simulasinya. Tapi jumlah peserta maupun jumlah sekolahnya masih nanti penentuannya,” imbuh Etty.

Kecelakaan Timuran Solo Renggut Nyawa Remaja 16 Tahun, Polisi Periksa 4 Orang

Penambahan Peserta

Sementara itu, Kepala SMPN 4, Sri Wuryanti mengatakan saat ini tidak ada kegiatan siswa di sekolah karena semuanya menjalankan PAS secara daring. “Iya [siswa menjalani PAS daring],” ujarnya.

Kepala SMP Al Azhar Syifa Budi Kota Solo, Mustaghfirin, juga merespons senada terkait penghentian sementara PTM.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Solo, Kirno Suwanto, mengatakan simulasi PTM sekolahnya akan berlanjut pada Januari. Selain itu, saat ini ia belum mengajukan perluasan atau penambahan peserta simulasi PTM.

Warga Polokarto Sukoharjo Jadi Korban Pengeroyokan Di Halaman Kantor Desa Gentan Bendosari

“Ini anak-anak sedang ujian online dari rumah, setelah itu liburan akhir semester. Jadi simulasinya lanjut Januari. Tapi sampai sekarang kami belum memutuskan nanti mau ada penambahan peserta atau tidak. Kami masih menunggu perkembangan,” ujarnya, Selasa (1/12/2020).

Sebelumnya, Disdik Solo meminta semua SMP bersiap menyambut PTM pada Januari 2021. Hingga saat ini Disdik belum menentukan sekolah yang akan menyelenggarakan PTM berikutnya.

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana kebersihan/kesehatan pencegahan Covid-19, sekolah juga wajib mendata ulang izin orang tua siswa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom