SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Perekaman iris mata menjadi proses tersulit dalam proses pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kota Jogja. Pasalnya, jika tak tepat dalam merekam, proses ini akan banyak menyita waktu.

Camat Umbulharjo, Agus Winarto menjelaskan, pihaknya kini sudah memulai simulasi pembuatan e-KTP. Menurut dia, proses perekaman iris mata merupakan proses yang paling lama dan sulit. Simulasi yang dilakukan dengan melibatkan staf kantor Kecamatan Umbulharjo itu, kata Agus, rata rata membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk merekam iris mata. Durasi tiga menit itu, kata dia, dapat tercapai apabila proses perekaman berjalan lancar. Namun, jika proses perekaman iris mata tidak berhasil, maka harus mengulang lagi beberapa kali sehingga menyita waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agus menambahkan, untuk melayani proses pembuatan e-KTP di Umbulharjo yang berjumlah lebih dari 50.000 warga, pihaknya sudah  menyediakan delapan petugas operator. Petugas operator tersebut diambilkan dari staf masing masing kelurahan. Kendati masih kurang dua set alat, Agus menegaskan pihaknya siap jika proses e-KTP dimulai. Bahkan menurt dia, para petugas operator siap untuk melakukan lembur jika dibutuhkan.

Agus mengaku sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan kejelasan dari Dindukcapil Kota Jogja kapan pelaksanaan e-KTP akan dimulai. 

“Sampai sekarang kita belum jelas kapan e-KTP ini akan dimulai. Kami tinggal tunggu undangan dari Dindukcapil, kalau petugas operator semuanya sudah siap, bahkan siap lembur,” jelas Agus.(Harian Jogja/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya