Simpel, Begini 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan
Ilustrasi sakit tenggorokan. (freepik)

Solopos.com, SOLO – Sakit tenggorokan adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Gangguan ini disebabkan adanya peradangan pada tenggorokan.

Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu. Bisa juga efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apa pun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu. Secara umum, sakit tenggorokan biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam waktu kurang dari seminggu. Terutama yang disebabkan oleh infeksi virus, alergi atau cedera ringan.

Anak-Anak Stres Hadapi Pandemi? Simak Tips dari Psikolog Anak Ini

Pada kasus-kasus yang yang tidak parah, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat Anda mengalami sakit tenggorokan dikutip dari liputan6.com, Sabtu (24/10/2020).

  1. Kumur air garam

Beberapa studi menemukan bahwa berkumur-kumur beberapa kali sehari dengan air garam yang hangat dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan membantu membuang iritasi atau bakteri.

Larutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air. Jika Anda kurang suka rasa asinnya, Anda bisa menambahkans sedikit madu untuk mempermanis. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama sekitar 30 detik lalu keluarkan setelahnya.

Biar Tetap Bisa Investasi, Ini Tips Mengelola Keuangan di Masa Pandemi

  1. Minum air putih

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan minum air secukupnya dan terus menghidrasi diri sebanyak dan sesering mungkin untuk menjaga tenggorokan tetap terlapisi dan nyaman.

Minum air hangat juga lebih membantu daripada air dingin. Selain menenangkan tenggorokan dan mencegah dehidrasi, air hangat juga dapat meredakan hidung tersumbat.

  1. Minum teh

Minum secangkir teh hangat juga dapat melegakan sakit tenggorokan. Terlebih lagi, teh non-herbal mengandung antioksidan yang dianggap memperkuat kekebalan dan menangkal infeksi.

Agar Tak Cepat Rusak, Ini Tips Praktis Merawat Layar Touch Screen Ponsel

Untuk membantu obatnya masuk lebih mudah, tambahkan satu sendok teh madu, yang mungkin memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu Anda sembuh lebih cepat.

  1. Madu

Saat menghadapi sakit tenggorokan, satu sendok makan madu bisa membantu mengatasinya. Bahkan CDC merekomendasikan madu untuk mencoba mengatasi sakit tenggorokan. Namun pastikan Anda tidak memberikannya untuk anak di bawah satu tahun.

Selain karena komposisinya yang cair dan melegakan tenggorokan, madu juga dipercaya memiliki antimikroba yang membantu Anda sembuh lebih cepat.

  1. Marshmallow

Meskipun belum ada bukti kuat yang mengatakan bahwa itu berhasil, tetapi getah dari tanaman marshmallow telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati batuk, pilek, dan sakit tenggorokan dan biasanya dalam bentuk teh.

Tips Agar Hamil Anak Laki-laki dari Dokter Boyke, Pengen Tahu?

Meskipun berbeda dengan marshmallow modern yang biasa dibawa saat membuat api unggun, keduanya mungkin dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Sumber: Liputan6.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom