SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas di viaduk Gilingan, Solo, yang tengah dalam proses pengerjaan jalur ganda kereta api, Selasa (22/11/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopso.com, SOLO — Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo, Taufiq Muhammad memperkirakan terdapat dua lokasi yang nantinya terjadi kemacetan lalu lintas akibat penutupan akses di Jalan Ahmad Yani pada pertengahan Februari 2023.

“Pastinya di Simpang Gilingan dan Simpang Ngemplak,” ucap dia kepada Solopos.com saat dihubungi, Selasa (31/1/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencana penutupan total Jalan Ahmad Yani Solo akan dimulai dari perempatan Ngemplak hingga Simpang Tiga Gilingan. Hal itu dilakukan untuk perbaikan berupa melebarkan dan memperdalam Viaduk Gilingan serta proyek rel layang.

Saat ini, pihak Dishub melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait untuk rencana penutupan Jalan Ahmad Yani, Viaduk Gilingan tersebut. Dalam hal ini, koordinasi proyek di bawah pimpinan Balai Teknik Perkeretapiaan Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah (BTP Jabagteng).

“Untuk jadwal pastinya belum di tetapkan. Masih pembahasan, Ini pimpronya dari Dirjen KA,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Viaduk Gilingan Jl. A Yani, Banjarsari, Solo, kemungkinan akan ditutup total mulai pertengahan Februari 2023 sampai April 2023.

Kepala BTP Jabagteng, Putu Sumarjaya, menjelaskan renovasi Viaduk Gilingan serta pembangunan rel layang Joglo sesuai rencana.

Dia mengatakan pihaknya melakukan sejumlah persiapan untuk mobilisasi alat-alat berat. Upaya itu dilakukan supaya begitu jalan ditutup bisa langsung dilakukan pembangunan dengan cepat.

“Kira-kira pertengahan Februari. Kami akan sosialisasikan satu pekan, dua pekan sebelum penutupan,” papar dia.

Putu mengatakan jalan ditutup untuk menurunkan elevasi Viaduk Gilingan. Nantinya bus dapat mengakses Jl. A Yani melalui Viaduk Gilingan menuju Masjid Raya Sheikh Zayed serta Islamic Center atau Solo Culture Center.

Menurut dia, rencana manajemen rekayasa lalu lintas masih tetap sama seperti rencana awal. Viaduk Gilingan dikebut sebelum penutupan total simpang Joglo mulai Agustus sampai Oktober 2023.

Data yang diterima Solopos.com, Minggu (7/8/2022), Kemenhub telah mempersiapkan rute pengalihan, di antaranya kendaraan dari arah barat (Jakarta/Yogyakarta) yang melintas Viaduk Gilingan, dialihkan lewat Jl. A. Yani-Jl.Letjen S.Parman-Jl. Monginsidi-Jl. A. Yani.

Selanjutnya kendaraan dari arah timur (Karanganyar/Kawasan Palur) yang menuju Viaduk Gilingan dialihkan lewat Jl. A. Yani-Jl. Monginsidi-Jl. Letjen S.Parman-Jl. A. Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya