SOLOPOS.COM - Guru Bahasa Inggris sekaligus pemilik akun Tiktok @A5rihartanti, Asri Hartanti, di SMK Bhakti Mulia Wonogiri, Rabu (7/6/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Asri Hartanti, 43, ibu-ibu asal Wonogiri yang baru-baru ini viral lewat konten video percakapan dengan anaknya di media sosial Tiktok membagikan tips lancar berbicara dalam bahasa Inggris. Percaya diri dan mau praktik secara lisan disebut menjadi kunci keberhasilan agar lancar berbahasa Inggris.

Asri mengaku sudah belajar bahasa Inggris sejak masih sekolah. Kemudian ia melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan Bahasa Inggris.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Awal belajar bahasa Inggris, Asri biasanya membaca sekaligus melafalkan bacaan buku berbahasa Inggris. Hal itu perlu dilakukan agar lisan terbiasa mengucapkan kata dalam bahasa Inggris.

“Kalau ada partner atau lawan yang bisa diajak bicara bahasa Inggris itu lebih mudah lagi. Masalahnya, tidak mudah dapat partner yang seperti itu, apalagi kalau bukan di lingkungan yang sama-sama belajar bahasa Inggris,” kata Asri kepada Solopos.com, Kamis (8/6/2023).

Kendati begitu, ibu-ibu Wonogiri yang viral di media sosial itu mengatakan bukan berarti hal itu menjadi halangan. Mereka yang berniat belajar bahasa Inggris bisa namun tidak ada partner bicaranya bisa menggunakan metode bicara dengan diri sendiri menggunakan bahasa Inggris.

Hal itu bisa dimulai dengan mengucapkan atau menyebut benda-benda di sekitar dengan kosakata dalam bahasa Inggris. Selain itu, berani mengungkapkan kalimat ekspresif menggunakan bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, menurut Asri, untuk mempermudah dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, mereka perlu menonton film atau serial yang juga berbahasa Inggris.

Percakapan dalam film biasanya percakapan yang digunakan sehari-hari oleh penutur asli (native speaker). Dari film pula biasanya menambah kosa-kata baru. 

“Di film itu kita bisa belajar banyak, terutama soal pronunciation [perlafalan]. Kalau saya pribadi memang menggunakan bahasa Inggris aksen Amerika karena kebetulan saya biasa menonton serial Friends. Saya banyak belajar dari sana,” ujar ibu-ibu Wonogiri yang viral berkat video obrolan bahasa Inggris itu.

Kuat Mental dan Konsisten

Asri mengakui belajar bahasa Inggris memang tidak mudah. Kadangkala ada orang yang mengejek atau menilai mereka yang belajar bahasa Inggris sedang sok atau sekadar gaya. Tetapi sebenarnya hal itu tidak perlu dihiraukan.

Mereka yang belajar bahasa Inggris harus kuat mental dan butuh konsistensi. “Harus percaya diri, pokoknya yang penting ngomong dulu. Belajar bahasa itu kuncinya harus dipraktikkan, harus dibiasakan,” ucap Asri.

Dia menambahkan meski menjadi guru Bahasa Inggris di SMK Bhakti Mulya Wonogiri sejak 2003, Asri sempat kehilangan keterampilan berbicara bahasa Inggris selama beberapa tahun. Hal itu lantaran ia sempat tidak pernah melatih dan menjaga keterampilan bicara bahasa Inggrisnya.

Ia beberapa lama hanya sebagai orang yang pasif berbahasa Inggris. Hal itu pula yang menjadi motivasi dia membuat konten di media sosial berbahasa Inggris.

Ia ingin melalui konten-konten itu, selain mengajarkan bahasa Inggris kepada khalayak pengguna media sosial, sekaligus sebagai wadah belajar bagi dirinya sendiri.

Karenanya ia pun tak menyangka salah satu videonya yang berisi percakapan dalam bahasa Inggris dengan anaknya menjadi viral di berbagai media sosial baru-baru ini. “Jujur saya enggak menyangka konten video saya akan viral,” katanya.

Berkat konten video yang viral itu, pengikut akun media sosial Tiktok miliknya @a5rihartanti melonjak tajam lebih dari 100.000 pengikut menjadi lebih dari 200.000 pengikut dalam kurun waktu dua hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya