SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi calon ASN atau CPNS. (Dok.solopos)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, memperkirakaan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2022 di wilayahnya hanya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun, untuk detailnya masih menunggu informasi dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Formasi dan Data Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan PElatihan Daerah (BKPPD) Gunungkidul, Muhammad Farid Juni Haryanto, mengatakan saat ini memang sudah ada informasi mengenai rekrutmen ASN pada tahun ini. Bahkan jumlah lowongan yang dibuka mencapai 1 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rekrutmen ASN ada jalur CPNS dan P3K. Kami masih butuh kejelasan terkait dengan formasi yang diberikan,” lata Farid, Minggu (3/7/2022).

Meski informasi tersebut sudah beredar luas, tetapi sejauh ini belum ada detail kuota formasi. Dia mengakui bahwa rekrutmen tahun ini dofuksikan untuk PPPK. Hal ini terlihat dari hasil koordinasi yang terlakana di Semarang beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Terbukti Selingkuh, 2 PNS di Gunungkidul Dipecat Tanpa Pensiunan

“Intinya hanya untuk PPPK, sedangkan CPNS tidak ada,” jelasnya.

Menurut Farid, lowongan PPPK yang dibuka masih difokuskan untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. Ia tidak menampik, untuk rekrutmen pegawai kontrak ini tidak berani membuka banyak formasi karena menyangkut beban anggaran yang dimiliki pemkab.

“Ya kalau dari kebutuhan, masih banyak kekurangan pegawai. Tapi, kami tidak bisa merekrut dengan sembarangan karena proses harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki,” katanya.

Kepala BKPPD Gunungkidul, Iskandar, mengatakan rekrutmen ASN tahun ini akan difokuskan untuk PPPK.

Baca Juga: Ratusan SD & SMP di Gunungkidul Kurang Murid, Pendaftaran Diperpanjang

“Kami sudah usulkan formasi ke Kementerian Pendayaagunaan Aparatus Sipil Negara dan Reformasi Birkorasi,” katanya.

Iskandar mengungkapkan, tindak lanjut perekrutan masih menunggu informasi yang resmi. “Nanti kalau sudah ada, pasti kami umumkan ke masyarakat secara luas,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul CPNS Nihil, Fokus Rekrutmen Pemkab Gunungkidul Hanya untuk P3K

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya