SOLOPOS.COM - Ilustrasi kembali ke sekolah. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Pandemi virus corona atau Covid-19 pada tahun ini belum pasti kapan berakhir sehingga anak-anak harus menghadapi kondisi berbeda atau new normal untuk memperoleh pendidikan.

Hal itu karena Covid-19 menginfeksi berbagai kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak, sehingga pendidikan dalam kondisi new normal perlu memperhatikan protokol kesehatan.

Promosi KPR Green Financing BRI Tawarkan Rumah Murah Sambil Jaga Kelestarian Lingkungan

Anak-anak juga tidak dapat berkumpul dalam kelompok besar dan perlu menjaga jarak agar terhindar dari Covid-19.

Medical Daily, Sabtu (4/7/2020), melaporkan United Nations Children’s Fund (Unicef) memberikan beberapa saran menarik untuk membantu mengondisikan pikiran anak-anak yang kembali ke sekolah dengan benar.

5 Ide Sarapan Sehat Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Mau Coba?

Fakta bahwa anak-anak harus mematuhi pedoman baru dalam pendidikan adalah penyebab kekhawatiran bagi mereka, sesuatu yang dapat mengalihkan tingkat fokus mereka dalam belajar.

Bimbingan orang tua menjadi kunci keberhasilan pendidikan anak di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Unicef, semuanya bermuara pada penjelasan yang tepat kepada anak-anak mengapa pendidikan new normal dengan protokol kesehatan diperlukan.

Seperti ketentuan mengenakan masker wajah, yang dapat menghalangi permainan atau lari mereka yang biasa, cukup jelaskan kepada anak-anak bahwa ini hanya sementara karena ada pandemi Covid-19.

Anak Sakit Saat Pandemi Covid-19, Kapan Harus Dibawa ke Dokter?

Lebih lanjut Unicef menyatakan penting untuk saat ini menjaga semua orang khususnya anak-anak terlindungi dan memastikan mereka melakukan pencegahan terhadap virus.

Selain itu, anak-anak mungkin mempertanyakan mengapa mereka harus mengikuti protokol tertentu di sekolah.

Mencuci Tangan

Cara yang baik untuk menerangkan kepada anak adalah dengan mengingatkan mereka bagaimana kuman dapat memengaruhi kesehatan seseorang.

Mencuci tangan adalah sesuatu yang paling disarankan untuk dilakukan bahkan sebelum Covid-19.

Ladies, Begini Cara Aman Pakai Kosmetik di Era New Normal

Selain itu, beberapa video yang menjelaskan efek dari kebersihan yang tidak benar akan membantu. Ada banyak video online itu dan orang tua atau guru bisa membagikannya kepada ada.

Film kartun atau animasi akan membantu anak-anak menyibukkan minat mereka.

Unicef meningkatkan sda banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika anak-anak mencoba untuk mengatasi normal baru.

Jika ana-anak mengamati sesuatu yang berbeda, cobalah untuk berbicara dengan mereka tentang hal itu. New normal adalah proses yang sulit tetapi sesuatu yang dapat diatasi oleh siapapun setelah beberapa waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya