SOLOPOS.COM - Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah. (jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) segera membuka proses Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB untuk jenjang SMA negeri pada tahun 2023. Berikut jadwal serta syarat dan tata cara PPDB 2023 untuk SMA negeri di Jateng.

Disdikbud Jateng akan membuka PPDB 2023 untuk jenjang SMA dan SMK negeri sederajat pada 15 Juni hingga 15 Juli mendatang. Untuk PPDB tingkat SMA akan dibuka empat jalur pendaftaran yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, dan prestasi.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Jalur zonasi, kuota penerimaan ditetapkan yakni 55 persen dari daya tampung yang diperuntukkan bagi siswa yang tinggal dekat dengan satuan pendidikan. Sementara jalur afirmasi diprioritaskan bagi calon peserta didik dari keluarga tidak mampu dengan kuota mencapai 20 persen.

“[Jalur] afirmasi tahun ini selain untuk anak yatim dan piatu, juga diperuntukkan bagi calon siswa yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, anak panti asuhan, dan anak putus sekolah. Ini [afirmasi] juga menjadi salah satu bagian pengentasan kemiskinan di Jateng,” jelas Kepala Disdikbud Jateng, Uswatun Hasanah, kepada Solopos.com, Sabtu (3/6/2023).

Lebih jauh, pada jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, jalur ini disediakan bagi calon peserta didik yang mengikuti perpindahan tugas orangtuanya. pada jalur ini yang diterima paling banyak 5 persen dari daya tampung yang tersedia pada satuan pendidikan.

Kemudian untuk jalur prestasi dikhususkan untuk peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi Sekolah yang bersangkutan. Pada jalur ini yang diterima paling banyak 20 persen dari daya tampung yang tersedia pada satuan pendidikan.

“Komponen penilaian menjadi dasar dalam penghitungan (jalur prestasi). Seperti nilai akhir, prestasi juara,” terangnya.

Disdikbud Jateng mengimbau kepada calon siswa baru untuk menyiapkan kelengkapan berkas seperti legalisir ijazah, piagam penghargaan, maupun berkas pendukung lainya. pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk terus mengikuti informasi terbaru dengan memantau website maupun akun media sosial resmi Disdikbud Jateng.

Berikut Jadwal PPDB SMA Negeri di Jateng tahun 2023:

Penetapan Zonasi : Tanggal 15 Mei 2023.

Pengumuman PPDB : Tanggal 12 Juni 2023.

Pengajuan akun dan verfikasi berkas : Tanggal 15 s.d 23 Juni 2023.

Aktivasi Akun : Tanggal 15 – 27 Juni 2023.

Pendaftaran dan perubahan pilihan : Tanggal 23 – 27 Juni 2023.

Masa Tenang : Tanggal 28 s.d 29 Juni 2023.

Pengumuman Hasil : Tanggal 30 Juni 2023.

Daftar Ulang : Tanggal 3 s.d 6 Juli 2023.

Awal Tahun Ajaran Baru 2023/2024 : Tanggal 17 Juli 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya