Simak! Ini 4 Cara Rawat Hard Disk Eksternal

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang sangat penting di zaman modern. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer menjadi sahabat banyak orang. Tak cuma pegawai, para pelajar pun membutuhkan komputer untuk mempermudah mengerjakan tugas.

Selain itu, komputer dan laptop biasanya dipakai untuk menyimpan beragam data penting. Namun, seiring dengan berjalannya waktu orang membutuhkan alat penyimpanan data yang praktis. Biasanya, kebanyakan orang mengandalkan flashdisk sebagai sarana menyimpan data. Namun, bentuknya yang kecil dan kapasitas terbatas membuat flashdisk kurang diminati.

Kini, ada perangkat penyimpanan data elektronik yang tengah digandrungi, yakni hard disk eksternal. Berbeda dengan flashdisk yang kecil, hard disk eksternal memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, ruang penyimpanannya juga jauh di atas flashdisk. Hal inilah yang membuat hard disk eksternal lebih diminati ketimbang flashdisk.

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan betul perawatan hard disk eksternal agar tidak cepat rusak. Mengigat harga harddisk eksternal yang cukup mahal, Anda tentu ingin benda itu awet bukan? Mau tahu cara memakai dan merawat hard disk eksternal agar awet? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Hacker, Sabtu (13/1/2018), di bawah ini:

Jangan asal cabut kabel penghubung

Hampir semua pakar teknologi menyarankan seseorang menggunakan fasilitas safely remove hardware sebelum memutus hubungan antara hard drive dengan komputer. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada piringan hard drive.

Scan secara berkala

Lakukan pembersihan hard disk eksternal dari virus minimal sebulan sekali. Cara ini membuat hard disk eksternal lebih awet. Selain itu, scan menghindarkan serangan virus yang akan merusak data.

Letakkan di permukaan datar

Letakkan hard disk eksternal di permukaan yang datar ketika hendak dipakai. Hal ini akan meringankan kerja platter dan jarum magnet yang ada di dalamnya. Jika ditaruh di permukaan yang bergelombang, jarum magnet akan bergerak menjauh dari platter dan membuat data tidak dapat terbaca.

Jaga suhu hard disk

Suhu komputer yang sedang dipakai biasanya meningkat. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan betul suhu di ruangan agar komputer tidak menjadi semakin panas. Jika ruangan tidak dilengkapi AC, ada baiknya Anda menggunakan pendingin khusus untuk komputer. Selain itu, jangan pernah hubungkan hard disk eksternal saat suhu komputer naik. Sebab, hard disk akan ikut panas yang membuat kinerjanya berkurang.

Meski sudah melakukan berbagai hal di atas, Anda juga harus ingat bahwa tidak ada perangkat elektronik yang awet seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memindah data ke perangkat lain secara berkala untuk berjaga-jaga jika perangkat itu tiba-tiba rusak.

Jika hard disk sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, sebaiknya jangan dipaksa untuk terus dipakai. Sebaiknya gantilah dengan yang baru agar data Anda tetap aman. Anda bisa membelinya di situs belanja online yang aman dan terpercaya seperti Tokopedia.

Selain hard disk eksternal, Anda juga bisa beli VGA card dengan harga yang bersahabat. Ada banyak promo yang bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di Tokopedia. Tunggu apalagi, pengin belanja online aman dan nyaman? #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Miris! Manusia Silver Semarang Ternyata Pensiunan Polisi

Kasus manusia silver di Semarang tak kalah mengundang keprihatinan.

Dari Kamar Mungil, Gadis Boyolali Mendulang Rejeki

Gadis di Boyolali mendulang rejeki dari dalam kamar yang mungil melalui kreativitasnya menempel barang bekas.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Tim Kriket Putra Bali Raih Emas Pertama PON XX Papua

Kalahkan tim kriket putra Papua dengan skor 76-63.

Eksploitasi Anak, Dulu Bocah Silver kini Bayi Silver

Kasus eksploitasi anak dengan dijadikan objek mengamen tidak hanya terjadi saat ini.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Liga 2 Sukses Digelar di Solo, Menpora: Manahan Stadion Piala Dunia

Liga 2 Indonesia secara resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, lewat laga pembuka antara Persis Solo melawan AHHA PS Pati yang dimenangkan Persis Solo 2-0.

Ternyata, Aspal Sirkuit Mandalika Lebih Baik Dibanding Sepang Malaysia

Salah satu keunggulan yang menonjol dari Sirkuit Mandalika adalah kualitas aspalnya. Aspal yang digunakan merupakan jenis SMA.

Ijazah Jaksa Agung Simpang Siur, Yang Benar Lulusan Mana?

Versi terbaru Kapuspenkum Kejagung, Burhanuddin lulus S1 di Universitas 17 Agustus Semarang.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Eks Elite FPI Dirikan Perisai Bangsa, Tonton G30S/PKI

Ormas Perisai Bangsa diinisiasi Habib Umar Al Athos yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Organisasi FPI Surabaya.

Urai Sampah Dibantu Lalat Bisa Hasilkan Cuan Belasan Juta Sebulan

Urai sampah dengan bantuan lalat bisa hasilkan cuan celasan juta rupiah sebulan.

Piala Sudirman 2021: Anthony Ginting Bawa Indonesia Ungguli Rusia

Tim Indonesia menghadapi Tim Rusia pada laga perdana Grup C Piala Sudirman 2021. Indonesia menurunkan Anthony Sinisuka Ginting pada pertandingan pertama.