Simak! Ini 4 Cara Rawat Hard Disk Eksternal

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Komputer merupakan salah satu barang elektronik yang sangat penting di zaman modern. Seiring dengan perkembangan zaman, komputer menjadi sahabat banyak orang. Tak cuma pegawai, para pelajar pun membutuhkan komputer untuk mempermudah mengerjakan tugas.

Selain itu, komputer dan laptop biasanya dipakai untuk menyimpan beragam data penting. Namun, seiring dengan berjalannya waktu orang membutuhkan alat penyimpanan data yang praktis. Biasanya, kebanyakan orang mengandalkan flashdisk sebagai sarana menyimpan data. Namun, bentuknya yang kecil dan kapasitas terbatas membuat flashdisk kurang diminati.

Kini, ada perangkat penyimpanan data elektronik yang tengah digandrungi, yakni hard disk eksternal. Berbeda dengan flashdisk yang kecil, hard disk eksternal memiliki ukuran lebih besar. Selain itu, ruang penyimpanannya juga jauh di atas flashdisk. Hal inilah yang membuat hard disk eksternal lebih diminati ketimbang flashdisk.

Kendati demikian, Anda harus memperhatikan betul perawatan hard disk eksternal agar tidak cepat rusak. Mengigat harga harddisk eksternal yang cukup mahal, Anda tentu ingin benda itu awet bukan? Mau tahu cara memakai dan merawat hard disk eksternal agar awet? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Life Hacker, Sabtu (13/1/2018), di bawah ini:

Jangan asal cabut kabel penghubung

Hampir semua pakar teknologi menyarankan seseorang menggunakan fasilitas safely remove hardware sebelum memutus hubungan antara hard drive dengan komputer. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada piringan hard drive.

Scan secara berkala

Lakukan pembersihan hard disk eksternal dari virus minimal sebulan sekali. Cara ini membuat hard disk eksternal lebih awet. Selain itu, scan menghindarkan serangan virus yang akan merusak data.

Letakkan di permukaan datar

Letakkan hard disk eksternal di permukaan yang datar ketika hendak dipakai. Hal ini akan meringankan kerja platter dan jarum magnet yang ada di dalamnya. Jika ditaruh di permukaan yang bergelombang, jarum magnet akan bergerak menjauh dari platter dan membuat data tidak dapat terbaca.

Jaga suhu hard disk

Suhu komputer yang sedang dipakai biasanya meningkat. Itulah sebabnya Anda harus memperhatikan betul suhu di ruangan agar komputer tidak menjadi semakin panas. Jika ruangan tidak dilengkapi AC, ada baiknya Anda menggunakan pendingin khusus untuk komputer. Selain itu, jangan pernah hubungkan hard disk eksternal saat suhu komputer naik. Sebab, hard disk akan ikut panas yang membuat kinerjanya berkurang.

Meski sudah melakukan berbagai hal di atas, Anda juga harus ingat bahwa tidak ada perangkat elektronik yang awet seumur hidup. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memindah data ke perangkat lain secara berkala untuk berjaga-jaga jika perangkat itu tiba-tiba rusak.

Jika hard disk sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan, sebaiknya jangan dipaksa untuk terus dipakai. Sebaiknya gantilah dengan yang baru agar data Anda tetap aman. Anda bisa membelinya di situs belanja online yang aman dan terpercaya seperti Tokopedia.

Selain hard disk eksternal, Anda juga bisa beli VGA card dengan harga yang bersahabat. Ada banyak promo yang bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di Tokopedia. Tunggu apalagi, pengin belanja online aman dan nyaman? #MulaiAjaDulu di Tokopedia.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Roti Ganjel Rel Khas Semarang Unik & Langka, Pernah Coba?

Roti ganjel rel merupakan kuliner unik dan langka khas Semarang yang resepnya warisan dari zaman Belanda.

Pertashop Dorong Bangkitnya Ekonomi di Tengah Pandemi

Pertashop Pertamina diharapkan bisa jadi upaya mendorong pemerataan akses energi dengan tujuan membangkitkan kembali ekonomi di tengah pandemi.

Kasus Covid-19 Klaster PTM Solo Tersebar di 8 Sekolah, Ini Perinciannya

Temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan siswa dan guru yang menggelar PTM di Kota Solo tersebar di delapan sekolah SD dan SMP.

Lirik Lagu Dalam Teduh - Fatin Shidqia

Berikut ini lirik lagu Dalam Teduh dari Fatin Shidqia yang tayang pada Rabu, 29 September 2021 di Youtube dan ditonton lebih dari 400.000 kali.

Dukung Percepatan Digitalisasi Daerah, Grab & OVO Rilis Patriot di Solo

Program Akselerasi Transaksi Online Pemerintah (Patriot) diresmikan di Solo, Kamis (21/10/2021). Patriot merupakan program yang diluncurkan Grab bekerja sama dengan OVO.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Jumlah Wisatawan Meningkat, Pemkot Jogja Batasi Pengunjung

Pada PPKM Level 2 di DIY, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mengantisipasi kemungkinan meningkatkan jumlah wisatawan.

3 Fasyankes di Sukoharjo Ini Layani Vaksinasi Tanpa Syarat Domisili

Tiga fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo melayani vaksinasi warga tanpa memandang domilisi selama sepekan ke depan.

Warga Bantaran Mojolaban Sukoharjo Ternyata Banyak Yang Belum Vaksin

Warga bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Mojolaban, Sukoharjo, antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 digelar Komunitas Omah Sambung dan Kodim Sukoharjo.

Solar Langka di Soloraya, Pertamina Tegaskan Tak Ada Pengurangan Kuota

Pertamina menyatakan tidak ada pengurangan kuota BBM bersubsidi jenis solar yang belakangan ini banyak dikeluhkan langka di wilayah Soloraya.

Partai Gerindra: Indonesia Stabil jika Prabowo Presiden

Jika Prabowo menjadi presiden berikutnya, maka pembangunan infrastruktur di masa Presiden Jokowi akan dilanjutkan.

Fahri Hamzah dan Fadli Zon Berseberangan Gegara Jl. Kemal Ataturk

Wacana penamaan jalanan di kawasan Menteng, Jakarta, menjadi Jalan Mustafa Kemal Ataturk, itu memunculkan perdebatan antara Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Duh, Kades Diduga Korupsi Dana Desa demi Nikahi Istri Muda

Selain digunakan untuk biaya menikah, tersangka juga menggunakan uang negara untuk bermain penggandaan uang secara gaib.

Puluhan Sapi Ikut Promosi Festival Kuliner Solo, Ternyata Ini Alasannya

Panitia Festival Kuliner Internasional Solo melibatkan para peternak sapi tunggang dari Boyolali dan Karanganyar dalam promosi agenda tersebut, Kamis (21/10/2021).

Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19.