Simak, Berikut Syarat Naik Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air

Lion Air, Batik Air, dan Wings Air kembali mengingatkan syarat naik pesawat bagi calon penumpang rute domestik per Juli 2022.

 Perhatikan syarat perjalanan sebelum bepergian (ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Perhatikan syarat perjalanan sebelum bepergian (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Lion Air, Batik Air, dan Wings Air kembali mengingatkan syarat naik pesawat bagi calon penumpang rute domestik per Juli 2022.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang M. Prihantoro mengatakan syarat naik pesawat tersebut mengacu pada SE Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan No. 56/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Aturan terbaru juga berdasarkan SE Satgas Penanganan Covid-19 No. 18/2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Lion Air Group senantiasa melaksanakan ketentuan sebagaimana yang diberlakukan dalam upaya mendukung program pemerintah selama masa waspada pandemi Covid-19,” kata Danang dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (2/7/2022).

Dia memastikan seluruh pelaksanaan operasional penerbangan Lion Air Group tetap mengutamakan faktor keselamatan, keamanan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: Tarif Tiket Pesawat Dievaluasi, Bakal Naik?

Adapun, kondisi kesehatan personel pesawat udara dan petugas layanan darat (ground staff) yang bertugas dalam kondisi memenuhi kualifikasi kesehatan.

PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I melaporkan rata-rata pergerakan penumpang pada Mei lalu telah mencapai rata-rata 153.000 penumpang per hari atau baru sekitar 68,29 persen dibandingkan dengan sebelum level pra Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary AP I Rahadian D. Yogisworo menjelaskan sepanjang Mei 2022, pergerakan penumpang di 15 bandara yang dikelola mencapai 4,75 juta atau mengalami peningkatan hingga 38,8 persen jika dibandingkan pada April yang melayani 3,42 juta.

Adapun untuk pergerakan pesawat pada Mei mencapai 40.946 atau mengalami peningkatan hingga 19,9 persen jika dibandingkan pada bulan April yang melayani 34.132.

“Berdasarkan data yang kami miliki pergerakan penumpang pada bulan Mei lalu telah mencapai rata-rata 153.000 penumpang per hari atau baru sekitar 68,29 persen jika dibandingkan pada periode normal sebelum pandemi dimana kami melayani rata-rata 224.000 penumpang per hari,” ujar Rahadian, Sabtu (11/6/2022).

Berikut Syarat Naik Pesawat Lion Air, Batik Air, dan Wings Air per Juli 2022:

  1. Calon penumpang yang sudah vaksin kedua dan vaksin ketiga (booster) berusia di atas 6 tahun tidak wajib menunjukkan hasil negatif RDT-Antigen atau RT-PCR.
  2. Calon penumpang yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama di atas 6 tahun memerlukan hasil negatif RDT-Antigen yang berlaku 1×24 jam atau RT-PCR yang berlaku 3×24 jam.
  3. Calon penumpang yang belum divaksin dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit komorbid berusia 6 tahun ke atas, memerlukan hasil negatif RDT-Antigen yang berlaku 1×24 jam atau RT-PCR yang berlaku 3×24 jam.
  4. Calon penumpang juga harus menyertakan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah bahwa belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.
  5. Calon penumpang dikecualikan vaksinasi berusia di bawah 6 tahun tidak wajib menunjukkan hasil negatif RDT-Antigen atau RT-PCR.Wajib melakukan perjalanan dengan pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19.
  6. Calon penumpang tetap wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Spesial Indonesia Shopping Festival, 3 Mall di Solo Beri Diskon Gede

      Beberapa tenant yang ikut berpartisipasi dalam memberikan promo spesial ISF 2022 dan HUT Kemerdekaan RI juga memasang tanda khusus berwarna merah di gerai masing-masing.

      APPBI: Pembatasan Impor Barang Mewah Bisa Bikin Stok Tak Up to Date

      APPBI menilai pembatasan impor tidak seharusnya diberlakukan bagi seluruh jenis dan kategori produk.

      Angkat Pariwisata Lokal, Mandiri Jogja Marathon 2022 Siap Digelar

      Setelah sempat tertunda selama dua tahun, Bank  Mandiri kembali menggelar ajang Marathon skala Internasional di Yogyakarta bertajuk Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2022.

      Pertamina: Konsumsi Pertalite Capai 16,8 Juta Kiloliter, Masih Amankah?

      Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, mengatakan ketahanan stok Pertalite berada di level 18,3 hari.

      Dukung Inovasi Energi, Pertamina Latih Peternak Boyolali Pakai Biogas

      Sebagai upaya menghadirkan energi bersih dan ramah lingkungan, Pertamina terus mendorong inovasi energi baru terbarukan.

      Indonesia Shopping Festival Dibuka di Solo, Ada Diskon Hingga 77 Persen

      Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan Gibran mengatakan mall menjadi salah satu sektor pendukung pertumbuhan ekonomi.

      Tren Penguatan IHSG Diprediksi Berlanjut, Cek Saham-Saham Ini

      Tren penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan berlanjut dalam perdagangan Jumat (12/8/2022).

      The Sunan Punya Paket Pernikahan Bonus Bulan Madu ke Cappadocia

      Paket pernikahan seharga Rp238.888.000 nett untuk 500 orang itu sudah lengkap dengan berbagai macam fasilitas.

      Ketahanan Stok Pertalite di Level 18 Hari, Pertamina Sebut Masih Aman

      PT Pertamina (Persero) melaporkan realisasi penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite sudah mencapai 16,8 juta kiloliter dari kuota yang ditetapkan tahun ini sebesar 23,05 juta kiloliter.

      Apakah Boleh Menjual Bensin Eceran? Cek Aturannya

      Meskipun harga yang dibanderol lebih mahal, namun penjual bensin eceran masih eksis hingga sekarang. Namun sebenarnya apakah boleh menjual bensin eceran?

      5 Pengusaha Mi Instan Terkaya di RI, Hartanya Capai Triliunan Rupiah

      Tahukah Anda sejumlah orang terkaya di Indonesia ternyata merupakan pengusaha mi instan. Seperti diketahui mi instan merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

      Resmi Dibuka, GIIAS 2022 Bertabur Kendaraan Listrik

      Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah mengatakan GIIAS 2022 memang menjadikan kendaraan listrik sebagai salah satu fokus utama.

      Sambut HDKD 2022, Kantor Imigrasi Surakarta Gelar Bakti Sosial

      Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta menggelar bakti sosial yang diwujudkan dalam kegiatan bersih-bersih masjid.

      KUR Dinaikkan Jadi Rp320 Triliun pada 2024, Ini Respons Menkeu

      Menkeu menilai KUR dinaikkan menjadi Rp320 triliun pada 2024 merupakan sebuah angka sangat besar untuk pemberian kredit kepada UMKM.

      BI: Sebanyak 45 Juta UMKM Gunakan QRIS pada 2023

      Hingga saat ini sudah lebih dari 20 juta UMKM menggunakan QRIS untuk bertransaksi.