SOLOPOS.COM - Ilustrasi strategi bisnis. (Bisnis-Dok.)

Solopos.com, JAKARTA — Banyak pelaku bisnis yang baru menyadari adanya kekurangan atas perencanaan atau model bisnis mereka saat bekerja saat pandemi Covid-19 menjelang 2021. Alokasi dana yang buruk, peluang yang belum dimanfaatkan, orang-orang yang membutuhkan promosi, atau justru dirumahkan, dan banyak lagi.

Tahun 2020 lalu memang seperti tahun yang penuh dengan trial dan error Meskipun ada kemunduran, 2020 juga merupakan tahun ketahanan dan inovasi. Pemilik bisnis memutar strategi pemasaran mereka agar selaras dengan kebiasaan baru, seperti perusahaan pakaian dan kosmetik yang sekarang memproduksi gaun medis yang dapat digunakan kembali.

Promosi Sambungkan Senyuman, Telkomsel Beri Bantuan Paket Data & Obat-Obatan di Demak

Sebagai pemilik bisnis, tahun yang baru ini adalah waktu yang tepat untuk melihat kembali ke tahun 2020 untuk mengarahkan bisnis Anda dengan ekspektasi tantangan tahun baru sehingga Anda lebih siap untuk menghadapi masa depan. Berikut ini empat tips perencanaan bisnis untuk 2021 seperti dilansir melalui Valley First.

Waspada! Kata Astrologi Barat Ada 5 Zodiak Penggoda

1. Siapkan Dana Darurat

Bisnis dengan prospek terbaik memasuki tahun 2020 siap secara finansial untuk menghadapi krisis. Mereka tidak tahu apa krisis atau kapan krisis akan terjadi, tetapi mereka tahu lebih baik bersiap untuk sesuatu yang tidak pernah datang daripada terjebak krisis.

Ada baiknya Anda menghitung berapa banyak yang Anda perlukan untuk tetap beroperasi selama setahun ke depan tanpa pendapatan, dan mulai membangun dana cadangan. Anda juga dapat mengelola arus kas di masa-masa sulit, baik itu menunda pembayaran atau memanfaatkan program pemerintah.

2. Diversifikasi Rantai Pasokan

Anda dapat mempersiapkan bisnis untuk menghadapi skenario terburuk, tetapi Anda kemungkinan besar bergantung pada orang lain yang mungkin terpukul lebih keras. Daripada bergantung pada satu sumber untuk setiap layanan, mulailah membangun jaringan pemasok yang luas. Model fleksibel ini akan membantu mencegah kemacetan ketika satu bisnis sedang berjuang dan membuat Anda lebih mudah beradaptasi dengan iklim ekonomi.

Pertimbangkan juga untuk bekerja dengan lebih banyak pemasok regional. Ketika transportasi terhambat, seperti pada tahun 2020, Anda menyadari risikonya jika hanya bergantung pada rantai pasokan global. Menjaga pemasok Anda tetap dekat memungkinkan Anda memenuhi permintaan pelanggan yang semakin meningkat akan kecepatan dan kenyamanan.

3. Audit Keberadaan Digital

Sebelum Anda “beralih ke digital” sepenuhnya, evaluasi lagi pendekatan yang sudah Anda lakukan, dan tentukan apa yang berhasil untuk bisnis Anda secara keseluruhan. Setelah Anda mengetahui apa yang Anda miliki, Anda dapat mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk mencegah pengeluaran yang tidak perlu.

Jika pelanggan Anda berperilaku berbeda saat online dibandingkan di kehidupan nyata, pikirkan tentang cara Anda menjual produk kepada mereka. Apa yang mereka butuhkan sebagai konsumen dan bagaimana Anda bisa memenuhi kebutuhan itu secara digital?

Audit digital juga akan membuka mata Anda terhadap pesaing baru yang Anda miliki.

4. Perkuat Budaya Bisnis di Perusahaan

Situasi krisis adalah waktu terburuk untuk menyadari bahwa karyawan Anda sudah merasa terlalu banyak bekerja dan kurang dihargai. Luangkan waktu untuk berbicara dengan tim Anda. Tanyakan apa yang mereka harapkan dari Anda sebagai majikan mereka.

Pekerjaan hebat harus dihargai dengan sesuatu yang dihargai oleh individu – ini bisa diberikan dengan kenaikan gaji, jam kerja yang fleksibel, pengembangan keterampilan atau manfaat tambahan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya