SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Solopos.com)–Realisasi penggunaan anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten tahun ini berpotensi menghasilkan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) senilai Rp 17,8 miliar.

Jumlah itu masih bisa bertambah mengingat sejumlah program terancam tak bisa direalisasikan hingga akhir tahun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Berdasarkan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Daerah (RAPBD) Klaten 2012 yang dicermati Solopos.com, Senin (12/12/2011), Silpa 2011 senilai Rp 17,8 miliar itu terdiri atas sisa belanja pegawai senilai Rp 15 miliar, sisa pendapatan bagi hasil cukai tembakau senilai Rp 1,3 miliar, dan sisa bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Tengah senilai Rp 1,5 miliar. “Sisa bantuan dari provinsi itu berasal dari proyek perbaikan jalan Mundu-Bono-Soragaten,” terang Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Sartiyasto.

SILPA 2011 senilai Rp 17,8 miliar itu merupakan sumber pembiayaan daerah yang dimasukkan dalam RAPBD 2012. Namun begitu, perkiraan SILPA 2012 senilai Rp 17,8 miliar itu masih berpotensi bertambah mengingat sejumlah program terancam tak bisa direalisasikan hingga tahun tutup anggaran 2011.

Salah satu program yang terancam tak bisa terealisasi hingga akhir tahun adalah pengadaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan. Program ini dibiayai oleh pemerintah pusat melalui peluncuran dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 18,5 miliar bagi sejumlah SD dan SMP di Kabupaten Klaten. “Perkiraan SILPA itu bersifat sementara sehingga masih bisa berubah. Nanti kita lihat saja realisasinya (program pengadaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan-red) hingga akhir tahun,” tutur Sartiyasto.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya