SOLOPOS.COM - Siklon Tropis Cempaka (BMKG.go.id)

Siklon Tropis Cempaka menyebabkan cuaca ekstrem di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Solopos.com, SOLO – Munculnya siklon tropis Cempaka di pesisir selatan Pulau Jawa, Senin (27/11/2017) malam, membuat Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan akan cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Melalui laman resmi bmkg.go.id yang dikutip , Selasa (28/11/2017), BMKG menerangkan Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG (Tropical Center Warning Center/TCWC) mendeteksi kemunculan siklon tropis Cempaka padan Senin malam pukul 19.00 WIB.

Siklon Tropis Cempaka yang muncul sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa. Siklon ini diperkirakan mengakibatkan perubahan pola cuaca esktrem. Beberapa provinsi seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur berpotensi mengalami hujan lebat.

Selain itu diperkirakan terjadi angin kencang hingga 30 knot atau sekitar 55 Km/jam di wilayah Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Laut Jawa, Selat Sunda bagian Utara, Perairan Utara Jawa Timur hingga Kep. Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan dan Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba.

Potensi gelombang laut tinggi antara 2,5 meter-6 meter diperkirakan terjadi di Perairan Selatan Jawa Timur, Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah.

Dengan perkiraan dampak Siklon Tropis Cempaka tersebut BMKG mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan akan efek dari cuaca ekstrem tersebut seperti banjir, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan kemungkinan bencana lainnya.

BMKG juga mengimbau nelayan tradisional yang kerap beroperasi di perairan selatan Jawa dan masyarakat pesisir pantai di daerah terdampak Siklon Tropis Cempaka agar menghindari atau lebih waspada saat beraktivitas di sekitar pantai.

“Untuk masyarakat pesisir agar menghindari aktivitas di sekitar pantai karena potensi gelombang pasang dapat terjadi di Perairan selatan Jawa Tengah dan DIY,” jelas Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono Rahadi Prabowo. Imbauan ini berlaku sejak Senin malam hingga dua sampai tiga hari ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya